UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Telaah administrasi, farmasetika, dan klinis pada resep bulan Maret 2022 terhadap pasien alergi kulit di Apotek Atrika = The assessment of administrative, pharmaceutical, and clinical aspects of prescription screenings received in March 2022 towards patients suffering from skin allergies

Andreas; Harmita, supervisor; Erny Sagita, supervisor (Universitas Indonesia. Fakultas Farmasi, 2022)

 Abstrak

Latar belakang/tujuanĀ Apotek merupakan salah satu sumber utama obat bagi masyakarakat dan tempat pelayanan kefarmasian secara langsung yang dilakukan oleh Apoteker. Resep adalah permintaan tertulis dari dokter atau dokter gigi kepada Apoteker dalam bentuk tertulis atau elektronik untuk menyediakan dan menyerahkan obat kepada pasien. Telaah resep merupakan salah satu bentuk dari pelayanan farmasi klinis yang dibutuhkan agar tidak terjadi masalah terkait obat pada pasien. Masalah kulit merupakan masalah kesehatan yang umum terdapat di masyarakat sehingga penting bagi seorang apoteker untuk memahami pengobatan dan manajemen kondisi penyakit yang berkaitan dengan kulit. Metoda Resep yang tersedia dikaji kelengkapan admistrasinya serta aspek farmakologis dan klinis dari tiap-tiap obat. Obat-obat yang terdapat di dalam resep harus sesuai dengan indikasi yang terdapat pada pasien. Seperti halnya penggunaan obat-obat oral, obat-obat topikal untuk alergi kulit juga membutuhkan kepatuhan pasien dalam mengaplikasikan obat. Kesimpulan Resep-resep untuk mengobati pasien alergi kulit di Apotek Atrika sudah memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi, farmasetika, dan klinis.

Background/Aims Pharmacy is one of the main sources of medicine for the community and is a direct pharmaceutical service provided by Pharmacists. A prescription is a written request from a doctor or dentist to the Pharmacist, in written or electronic form, to provide and dispense medication to the patient. Prescription review is one form of clinical pharmacy service that is necessary to prevent medication errors and drug-related problems in patients. Skin problems are common health issues in society, so it is essential for a pharmacist to understand the treatment and management of skin-related conditions. Methods The prescription methods available are assessed for their completeness in administration, as well as the pharmacological and clinical aspects of each drug. The drugs included in the prescription must be suitable for the patient's indications. Results similar to the use of oral medications, topical medications for skin allergies also require patient compliance in applying the medication. Conclusion: The prescriptions for treating skin allergy patients at Atrika Pharmacy meet the requirements for administrative, pharmaceutical, and clinical completeness.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Andreas1.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia. Fakultas Farmasi, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 29 pages : illustrations ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-92975873 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920529160
Cover