UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Deskriptif Kesenjangan Sosial pada Pelayanan Kanker di Indonesia = Descriptive Analysis of Social Disparities in Cancer Services in Indonesia

Dewi Handayani; Yati Afiyanti, supervisor; Giur Hargiana, supervisor; Riri Maria, examiner; Retno Purwanti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pasien, selama menerima pelayanan di Rumah Sakit. Metode menggunakan metode kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan dan menganalisis data secara mendalam, dan lengkap  untuk memperoleh intisari pengalaman hidup dalam bentuk cerita, narasi dan bahasa  atau perkataan individu. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan Medical Record tentang pembiayaan yang digunakan dan melihat di ruangan yang khusus pasien swasta dan pasien BPJS di PKN RSKD  dari bulan Maret sampai dengan Juni 2023. Pedoman wawancara yang sudah dibuat diterapkan kepada semua partisipan. Hasil dari wawancara menghasilkan karakteristik partisipan dan empat tema utama yaitu1) Perilaku petugas kesehatan membedakan pelayanan yang diberikan antara pasien dengan pembiayaan pribadi dan pembiayaan BPJS (Man); 2) Berbagai alasan memilih pembiayaan dengan BPJS dan pembiayaan pribadi (Money); 3) Perbedaan akses memperoleh sarana dan prasarana antara pembiayaan BPJS dan pribadi  4) Proses pelayanan yang diterima antara pembiayaan pribadi dan BPJS. Rekomendasi penelitian ini adalah pelayanan kanker di Indonesai ada perbedaan pada partisipan pembiayaan pribadi dengan pembiayaan BPJS.

The purpose of this study aims to explore the patient's experience while receiving services at the hospital. The method uses a qualitative method, namely to describe, interpret and analyze data in depth and comprehensively to obtain the essence of life experiences in the form of stories, narratives, and individual language or words. Sampling in this study was by purposive sampling, namely the selection of participants was done by looking at the Medical Records regarding the financing used and looking at private patients and BPJS patients at PKN RSKD from March to June 2023. Interview guidelines have been prepared. applied to all participants. The results of the interviews produced the characteristics of the participants and four main themes, namely 1) The behavior of health workers differentiated the services provided between patients with private financing and BPJS financing (Man); 2) Various reasons for choosing financing with BPJS and personal financing (Money); 3) Differences in access to facilities and infrastructure between BPJS and private financing 4) The process of services received between personal financing and BPJS. The recommendation of this study is that there are differences in cancer services in Indonesia between private financing participants and BPJS financing.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dewi Handayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 82 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-67892155 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920530051
Cover