UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Konstruksi Memori pada Arsitektur Kawasan Taman Proklamasi di Jakarta = Memory Construction in the Architecture of the Proclamation Park Area in Jakarta

Muhammad Taufiq Ashar; Kemas Ridwan Kurniawan, examiner; Mushab Abdu Asy Syahid, examiner; Elita Nuraeny, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Bagaimana memori pada setiap masanya dapat berkaitan dan menjadi suatu narasi dalam bentuk rajutan memori kolektif yang sama-sama bangsa ini jaga kedepannya, sehingga dapat menjawab isu dari “Konstruksi Memori Pada Arsitektur Kawasan Taman Proklamasi di Jakarta”. Penulisan ini membahas bagaimana narasi yang komprehensif dari memori kolektif pada Kawasan Taman Proklamasi dari masa pasca-kemerdekaan hingga masa pascareformasi, melalui studi literatur serta analisis studi kasus pada arsitektur Kawasan Taman Proklamasi di Jakarta. Teori dan pemikiran yang didapatkan dari studi literatur akan digunakan sebagai landasan untuk menganalisis studi kasus yang akan disajikan. Usaha untuk merajut memori kolektif akan mampu menjadi dasar yang kuat dalam perencanaan di masa sekarang dan masa depan. Konstruksi memori yang terdefinisikan pada Kawasan Taman Proklamasi menjadi hal yang sangat penting bagi bangsa dan negara ini kedepannya, banyak narasi yang tertuang pada tempat diproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia ini dan perlu adanya penataan ulang memori dengan sumber-sumber yang orisinal dalam perajutan memori kolektif dari masa pasca-kemerdekaan hingga masa pascareformasi (saat ini). Dengan rajutan memori kolektif tersebut, sehingga dapat menjadi acuan dalam pengembangan arsitektur kawasan ini serta arah gerakpembangunan Kota Jakarta kedepannya.

The memory of each era in Indonesia’s history is related and potentially transforming into a narrative in the form of a collective memory that this nation will keep. This phenomenon can answer the issue of "Memory Construction in the Architecture of the Proclamation Park Area in Jakarta". This study discusses a comprehensive narrative of the collective memory of the Proclamation Park Area from the post-independence period to the post-reformation period, through literature studies and case study analysis on the architecture of the Proclamation Park Area in Jakarta. Theories and ideas obtained from literature and journals will be used as a basis for analyzing the case studies that will be presented. Efforts to knit collective memory will be able to become a solid basis in urban city planning for the present and the future. The collective memory construction defined in the Proclamation Park Area is very important for this nation and country in the future. There are many narratives contained in this place where the independence of the Republic of Indonesia was proclaimed. Due to its importance, collective memory from the post-independence period until the post-reformation period (currently) must be knitted with notable sources to become a valid collective memory. With the knitted collective memory, it can be a reference in the development of the architecture of this area and the direction of the development of the city of Jakarta in the future.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Taufiq Ashar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 65 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-01923098 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920533586
Cover