UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis Pengkajian Resep di Apotek Kimia Farma 005 Cikini Periode Januari 2023 = Analysis of Prescription Study at Kimia Farma 005 Cikini Pharmacy Period January 2023

Nafayta Sekar Amalina; Adit Taufik, supervisor; Erny Sagita, supervisor; Catur Jatmika, examiner (Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023)

 Abstrak

Pelayanan kefarmasian merupakan proses pelayanan dengan tanggung jawab langsung kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan tujuan meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan kefarmasian di Indonesia terbagi menjadi tiga ranah, yakni pelayanan kefarmasian di rumah sakit, apotek, dan puskesmas. Salah satu cakupan pelayanan farmasi klinik di apotek merupakan pengkajian resep. Kesalahan penulisan resep dapat menimbulkan masalah pengobatan (medication error) pada pasien, sehingga perlu dilakukan pengkajian resep. Tugas khusus ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur, observasi, dan pengkajian secara langsung terhadap resep dari Tn. H dan Ny. J di Apotek Kimia Farma 005 Cikini. Studi literatur dilakukan untuk melihat aspek telaah administrasi, farmasetika, dan klinis yang disesuaikan dengan Permenkes No. 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Berdasarkan pengkajian resep yang telah dilakukan, pengkajian resep terhadap resep pasien Tn. H dan Ny. J belum memenuhi aspek administratif tetapi memenuhi aspek farmasetika dan aspek klinis. Terdapat potensi interaksi dari penggunaan obat pasien Tn. H sehingga diperlukan pemantauan lebih lanjut.

Pharmaceutical service is a service process with direct responsibility to patients related to pharmaceutical preparations with the aim of improving the quality of life of patients. Pharmaceutical services in Indonesia are divided into three domains, namely pharmaceutical services in hospitals, pharmacies and health centers. One of the scope of clinical pharmacy services in pharmacies is prescription review. Error prescription writing can cause medication errors in patients, so it is necessary to review the prescription. This assignment was prepared using a qualitative method using literature studies, observation, and direct assessment of the recipe from Mr. H and Mrs. J at Apotek Kimia Farma 005 Cikini. A literature study was conducted to look at aspects of administration, pharmaceuticals, and clinical studies that were adjusted to Permenkes No. 73 of 2016 concerning Pharmaceutical Service Standards at Pharmacies. Based on the prescription review that has been carried out, the prescription review of the patient's prescription, Mr. H and Mrs. J has not fulfilled the administrative aspect but fulfills the pharmaceutical and clinical aspects. There is a potential for interactions with the patient's drug use. H so that further monitoring is needed.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Nafayta Sekar Amalina 1.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 18 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-75327247 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920534038
Cover