Penelitian ini berfokus pada Paytren Academy sebagai salah satu platform penyedia
MOOC. Rata-rata tingkat penyelesaian kuliah pada MOOC Indonesia yang masih relatif
rendah menunjukkan diperlukannya evaluasi dari sisi desain instruksional, desain
interaksi, dan usability. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pembelajaran pada aplikasi mobile Paytren Academy menerapkan prinsip desain instruksional dan desain interaksi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi usability desain kuliah pada Paytren Academy dan mengusulkan rekomendasi perbaikan desain instruksional dan desain antarmuka untuk Paytren Academy. Untuk mengevaluasi usability, penelitian ini menggunakan e-Learning Usability Scale for Higher Education, System Usability Scale (SUS), dan usability testing. Dalam melakukan proses desain, penelitian ini menerapkan metode User-Centered Design.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip desain intruksional dan
desain interaksi pada Paytren Academy belum dilakukan secara penuh. Paytren Academy
juga masih perlu meningkatkan aspek kehadiran pengajar pada aplikasi. Sementara itu,
hasil dan analisis SUS menunjukkan bahwa aplikasi mobile Paytren Academy sudah
memiliki usability yang baik. Namun, terdapat beberapa partisipan yang mengalami
kesulitan ketika melakukan beberapa tugas pada usability testing karena beberapa hal
seperti adanya pilihan menu yang kurang familier. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, dilakukan perancangan desain alternatif sebagai rekomendasi perbaikan. Desain alternatif yang diajukan diharapkan dapat mendukung peningkatan efektivitas dalam belajar usability dari aplikasi mobile Paytren Academy.
This study is focused on Paytren Academy, as one of MOOC provider platforms. Theaverage completion rate of courses in Indonesian MOOC which is still relatively lowindicates the need for evaluation in terms of instructional design, interaction design, andusability. This study aimed to determine the extent to which Paytren Academy mobileapplication follows the principles of the instructional design and interface design. Thisstudy also aimed to evaluate the usability of course design in Paytren Academy andproposed recommendations to improve instructional design and interface design inPaytren Academy. To evaluate usability, this study used e-Learning Usability Scale forHigher Education, System Usability Scale (SUS), and usability testing. In conducting thedesign process, this study uses User-Centered Design method. The result of this study shows that there were instructional design and interaction designprinciples in Paytren Academy which has not been applied optimally. Paytren Academyalso still needs to improve the aspect of instructor presence in their courses. Furthermore,SUS result shows that Paytren Academy already has good usability. However, there aresome participants who experienced difficulties when performing several tasks onusability testing due to several reasons such as unfamiliar menu options. To overcomethese problems, an alternative design was carried out as a recommendation forimprovement. The proposed alternative design is expected to improve the application ofinstructional design and interaction design principles, as well as the usability of thePaytren Academy mobile application