Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik, dan kemandirian personal hygiene pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB Nusantara ber-Asrama Depok tahun 2016. Subjek dari penelitian ini adalah 46 anak berkebutuhan khusus dengan ragam jenis disabilitas, usia dan tingkat pendidikan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan cross sectional. Gambaran mengenai kemandirian personal hygiene diperoleh peneliti dari hasil observasi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian yang dikembangkan oleh DISHA Comprehensive Rehabilitation Center yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan modifikasi item berkaitan dengan perilaku sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nilai kemandirian personal hygiene antar umur, jenis kelamin, jenis disabilitas dan tingkat pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak sekolah, serta kerjasama dinas pendidikan dan dinas pendidikan untuk berkomitmen meningkatkan kemandirian personal hygiene ABK mencapai tingkat optimal. Selain itu juga rekomendasi ditujukan untuk peneliti lain guna melihat faktor lain yang memungkinkan kemandirian personal hygiene pada ABK.
The purpose of this study is to obtain an overview about the characteristics and independence of personal hygiene in Children with Special Needs (ABK) in SLB Nusantara (Boarding School) Depok in 2016. The sample of this study took 46 respondents with special needs with various types of disabilities, ages and education levels. Research using quantitative methods. This study was descriptive and cross sectional approach. Researcher obtains an overview of the independence of personal hygiene from the result of observations. Researcher use research?s instruments developed by DISHA Comprehensive Rehabilitation Center that has been assessed for validity and reliability, with item?s modification related with health behavior. The results showed that there is no different independence of personal hygiene between age, gender, type of disability, and education levels of respondents. This study recommended for school, as well as cooperation department of education and department of health to increase the independence of the personal hygiene optimally. And also recommended for other researchers whom looking for another factor that allows independence in personal hygiene of ABK.