Penelitian ini mengenai rencana strategi pemasaran Instalasi Medical Check Up
Kesehatan Jiwa Tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian operasional dengan
pendekatan metode kualitatif. Penelitian ini telah mengidentifikasi dan menguraikan
situasi Instalasi Medical Check Up Kesehatan Jiwa dalam posisi tumbuh dan
berkembang dimana strategi pemasaran yang direkomendasikan adalah optimalisasi
kegiatan pemasaran yang didasarkan pada pengembangan riset dan analisa pasar. Untuk
itu ditetapkan anggaran sebesar Rp.200 000,000, dengan
harapan Instalasi Medical Check Up Kesehatan Jiwa akan mendapatkan jumlah
kunjungan pemeriksaan sebagai Preventif Gangguan Jiwa pada tahun 2014 sekitar 20%.
Disarankan agar Instalasi Medical Check Up Kesehatan Jiwa segera membuat rencana
pengembangan riset dan analisa pemasaran untuk memulai kegiatan pemasarannya
This research about marketing strategy plan of Mental Check Up Unit of Mental HealthSoehartoo Heerdjan Year 2013 This research type is operational research withqualitative method approach. This research has identified and elaborates situation ofMental Check Up Unit in grow and build position while marketing strategyrecommended is optimalisation of marketing activity based on by propagation ofresearch and market analysis. For the purpose is specified budget equal to IDR.200.000,000 on the chance of Mental Check Up Unit for Mental disorder preventiveincreased patient visits at 2014 around 20%.Suggested that Mental Check Up unit soon blocks in expansion of research andmarketing analysis to start the marketing activity.