UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Apropriasi Budaya Bangsa Kulit Hitam di Industri K-Pop: Kasus SM Entertainment = Cultural Appropriation of Black Culture in the K-Pop Industry: The Case of SM Entertainment

Rusyda Ramadhania Habriansyah; Inaya Rakhmani, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Artikel ini menjelaskan apropriasi budaya Hitam di industri K-Pop. K-Pop telah menjadi sensasi di seluruh dunia,
dengan industri bernilai lebih dari USD 5 miliar, disertai dengan basis penggemar global terkemuka yang terus
tumbuh secara eksponensial. Penggemar K-Pop kulit hitam mulai memperhatikan dan mengkritik praktik nyata
industri apropriasi budaya kulit hitam dalam lingkungan K-Pop (Luna, 2020). Artikel ini menggunakan kerangka
teori Büyükokutan (2011) tentang apropriasi budaya, yang menganalisis praktik melalui Teori Pertukaran Sosial
Thibaut dan Kelly (1959). Makalah ini menyelidiki kasus SM Entertainment – salah satu agensi K-Pop terbesar
(Statista Research Department, 2021) – yang, secara kebetulan, dijuluki sebagai pelanggar berulang perampasan
budaya. Artikel ini mempelajari motif industri untuk melakukan apropriasi budaya melalui diskusi online
penggemar K-Pop. Studi ini berpendapat bahwa industri K-Pop mengambil budaya dan artis kulit hitam melalui
pertukaran timbal balik. Praktik apropriasi budaya di Korea Selatan–di mana masyarakatnya cenderung homogen–
tampaknya dilatarbelakangi oleh kepentingan industri.

This article explains the appropriation of Black culture by the K-Pop industry. K-Pop has become a worldwide
sensation, with the industry valued at over USD 5 billion, accompanied by a prominent global fanbase that
continues to grow exponentially. Black K-Pop fans have begun to notice and criticise the industry's evident
practice of cultural appropriation and the mistreatment Black creatives face within the K-Pop milieu (Luna, 2020).
This article uses Büyükokutan's (2011) theoretical framework on cultural appropriation, which analyses the
practice through Thibaut and Kelly's (1959) Social Exchange Theory. This paper delves into the case of SM
entertainment – one of the largest K-Pop agencies (Statista Research Department, 2021) – that, coincidentally,
has been dubbed as a repeat offender of cultural appropriation. This article studies the company's motives for
appropriating culture through online discussions of K-Pop fans. The article argues that the K-Pop industry
appropriates Black culture and creatives through a reciprocal exchange. The continual practice of cultural
appropriation is heavily motivated by the industry's benefits, primarily in Korea – a seemingly homogeneous
society.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Rusyda Ramadhania Habriansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 36 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-872061814 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920535845
Cover