Buku Teks :: Kembali

Buku Teks :: Kembali

Kontestasi Ideologi Politik Gerakan Islam Indonesia di Ruang Publik Digital

Zainut Tauhid Sa'adi (Litbangdiklat Press, 2021)

 Abstrak

Buku ini mengkaji dinamika kontestasi ideologis antara organisasi Islam arus utama dan gerakan Islamis di Indonesia pada era digital. Kajian dalam buku ini memfokuskan pada dampak media digital terhadap proses produksi dan distribusi wacana ideologi politik gerakan Islam di Indonesia dan bagaimana mereka membingkai wacana tersebut untuk mempengaruhi persepsi Muslim di ruang publik digital. Buku ini juga membahas kebijakan politik hukum pemerintah dalam menghadapi gerakan Islamis yang mempropagandakan ideologi politik alternatif di ruang publik digital.
Buku ini berhasil membongkar dengan baik, bagaimana kemunculan ruang publik digital yang telah mengakibatkan demokratisasi dan fragmentasi otoritas keagamaan serta mempertajam kontestasi dan polarisasi ideologis antara gerakan Islamis dan organisasi Islam arus utama di Indonesia. Di satu sisi, gerakan Islamis dan organisasi Islam menggunakan internet dan media sosial sebagai arena produksi wacana kontra-hegemonik dan alat propaganda ideologi politik alternatif. Di sisi lain, organisasi Islam arus arus utama menggunakan internet dan media sosial sebagai arena reproduksi wacana hegemonik dan sarana untuk mempertahankan ideologi politik negara yang telah menjadi kesepakatan bersama para pendiri bangsa. Kontestasi ideologi politik di ruang publik digital ini pada saat bersamaan merepresentasikan perebutan kekuasaan simbolik antara otoritas keagamaan tradisional dan otoritas keagamaan baru.
Dengan paparan mendalam dan dikemas dalam bahasa yang lugas, buku ini memberikan gambaran seputar dinamika kontestasi ideologis antara gerakan Islamis dan organisasi Islam arus utama di ruang publik digital serta kebijakan pemerintah dalam merespon perkembangan tersebut.

 Metadata

Jenis Koleksi : Buku Teks
No. Panggil : 297.211 ZAI k
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Litbangdiklat Press, 2021
Sumber Pengatalogan: LibUI ind
ISBN: 9786236925317
Tipe Konten: text
Tipe Media: unmediated
Tipe Carrier: volume
Edisi: Edisi pertama
Catatan Seri:
Catatan Umum:
Catatan Versi Asli:
Deskripsi Fisik: xxii, 594 pages ; 23 cm
Lembaga Pemilik:
Lokasi: Perpustakaan UI Lantai 2 (Buku Teks)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
297.211 ZAI k 01-23-01672 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920536706
Cover