Perpustakaan sekolah merupakan sarana dan pra sarana penunjang kegiatan belajar mengajar di tingkat sekolah karena perpustakaan sekolah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari programpendidikan di tingkat sekolah. Perpustakaan sekolah dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat di setiap lingkungan sekolah, terutama guru dan siswa. Pada perpustakaan sekolahterdapat bermacam koleksi yang harus diolah agar mudah digunakan oleh para pengunjungperpustakaan atau pemustaka. Adapun hal yang dapat dilakukan oleh petugas perpustakaanadalahkatalogisasi bahan pustaka atau koleksi untuk mempermudah proses temu kembali informasi yangdibutuhkan pemustaka. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, agar mampu menggambarkan bagaimana katalogisasi di perpustakaan SMA N 1 Payakumbuh. Dari data dan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas pengkatalogan atau katalogisasi sudah mengikuti dan sesuai dengan sistem katalogisasi yang berpedoman dengan International Standard BibliographicDescription (ISBD). Dalam proses pengkatalogan koleksi atau bahan pustaka dengan menggunakanSLiMS merupakan suatu kemudahan bagi pustakawan dalam pengelolaan data hingga berpengaruhterhadap layanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan atau pemustaka.