Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penguasaan mata kuliah klasifikasi DDC terhadap kemampuan yang dimiliki mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan tahun 2017-2019 dalam menentukan notasi DDC. Penelitian ini mengambil populasi yang dijadikan sampel sebanyak 99 mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang tahun 2017-2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini yaitu menganalisis data menggunakan rumus grandmean. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai total rata-rata penguasaan mata kuliah klasifikasi DDC sebesar 0,61 dapat dikategorikan tinggi karena berada pada interval 0,60-0,80. Sementara itu, kemampuan menentukan notasi juga diketahui dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus grandmean hasilnya menunjukkan bahwa nilai total rata-rata kemampuan menetukan notasi sebesar 0,62 dapat dikategorikan tinggi karena berada pada interval 0,60-0,80. Selanjutnya, berdasarkan analisis menggunakan regresilinier sederhana didapat hasil nilai koefisien determinasi(R2) sebesar 0,807 atau 80,7% kemampuan menentukan notasi dipengaruhi oleh penguasaan mata kuliah klasifikasi DDC dan berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa diketahui hipotesis atau H1 diterima karenat hitung> ttabel (20,113> 1,66071) yang menyatakan bahwa adanya pengaruh penguasaan mata kuliah klasifikasi DDC terhadap kemampuan menentukan notasi.