UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis Perbandingan Metode Konvensional dengan Metode Bangunan Pra Rekayasa pada Proyek Pembangunan Pabrik Pelet Kayu = Comparison analysis of conventional methods with pre-engineering building methods on wood pellets plant development projects

Wisnu Maulana; Fitri Yuli Zulkifli, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Dalam hal ini beberapa sumber daya alam tersebut dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan. Pengelolaan sumber daya alam terbarukan tersebut membutuhkan penunjang infrastruktur pabrik yang efektif dan efisien. Melalui analisis metode yang tepat akan menghasilkan konstruksi bangunan pabrik yang efektif dan efisien, diantaranya analisis metode konvensional dan analisa metode bangunan pra rekayasa.
Adapun metode yang mampu menjawab solusi untuk pengurangan biaya adalah metode bangunan pra rekayasa yang mampu mereduksi penggunaan baja sebesar 31%, sedangkan metode yang mampu menjawab solusi untuk pekerjaan yang ringkas adalah metode konvensional dengan fabrikasi dilakukan di area sekitar proyek. Pada proyek ini ditetapkan penggunaan metode bangunan pra rekayasa untuk memangkas biaya yang signifikan.
Progres pekerjaan saat ini kurang lebih berada di 92,43%, dimana proyek akan diperkirakan selesai pada minggu ketiga Desember 2023, sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati antara Klien dan Kontraktor. Seluruh pekerjaan telah diselesaikan secara professional dan menjalankan prinsip dasar kode etik keinsinyuran, baik dalam tahap perencanaan maupun dalam tahap konstruksi. Pekerjaan yang sedang berjalan juga memperhatilan unsur K3L yang signifikan sesuai dengan aturan – aturan yang berdasar pada Rencana Kerja Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Kerja.

Indonesia is a country with very abundant natural resources. In this case, some of these natural resources can be used as renewable energy sources. The management of these renewable natural resources requires an efficient and efficient factory infrastructure. Through the analysis of proper methods will result in effective and efficient construction of factory buildings, including analysis of conventional methods and analysis of pre-engineering building methods.
As for the method that can respond to the solution for cost reduction is the method of pre engineering building that can reduce the use of steel by 31%, whereas the method capable of responding to solutions for simple work is conventional with manufacturing carried out in the area around the project.
The current work progress is roughly 92.43%, with the project expected to be completed in the third week of December 2023, in accordance with the agreement reached between the Client and the Contractor. All the work has been done professionally and followed the basic principles of the code of ethics of engineering, both at the planning stage and at the construction stage. The ongoing work also takes into account the important elements of Safety, Health, Safety and Environment in accordance with the rules - rules based on the Health and Safety Work Plan and the Environment.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Wisnu Maulana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 68 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-99778757 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537182
Cover