Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pemanfaatan tik dalam pembelajaran: Studi kasus di madrasah aliyah negeri 1 Bandung Barat

Mulyana Mulyana; (Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019)

 Abstrak

Artikel ini memaparkan temuan penelitian pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran di madrasah. Penelitian difokuskan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di madrasah. Studi kasus dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Penelitian lapangan dilakukan pada bulan Februari-Maret 2018. Pengumpulan data memadukan teknik observasi, wawancara, studi dokumen, dan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian ini menemukan bahwa secara umum tingkat pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di MAN 1 Bandung Barat tergolong rendah. Rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran disebabkan oleh beberapa faktor berikut: kompetensi TIK guru secara umum masih rendah; Infrastruktur TIK pada madrasah yang diteliti masih terbatas, dan belum adanya kebijakan yang jelas, baik di tingkat madrasah maupun Kantor Kementerian Agama, terkait upaya peningkatan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di madrasah.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 297 JPAM 32:1 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 0215782
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat
Volume : Vol. 32, No. 1 2019: Hal. 49-64
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : 10.31330/penamas.v32i1.267
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
297 JPAM 32:1 (2019) 08-24-89615520 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537316
Cover