UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Studi Kelayakan Teknis Desain Instrumentasi & Kontrol pada Fasilitas Pengaliran Gas Eni Ke Pasar Domestik Melalui Jalur Pipa Alternatif Kedua = Technical Feasibility Study of Instrumentation & Control Design on Eni's Gas Export Facility to Domestic Market Through The 2nd Pipeline

Lais Alam Iskandar; Erlinda Muslim, supervisor; Akhmad Hidayatno, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Instrumentasi dan Kontrol sangat penting dalam menjaga pengoperasian dan pengendalian instalasi. Memiliki studi kelayakan teknis untuk peralatan instrumentasi dan kontrol penting akan membantu memperkirakan biaya dan jadwal proyek dengan tepat. Proyek Lean Gas, yang bertujuan untuk menyalurkan gas penjualan dari Jangkrik ORF (Onshore Receiving Facility) langsung ke pasar dalam negeri, memerlukan alat ukur laju alir gas penjualan yang benar dan kepastian bahwa gas penjualan yang dikirimkan tidak akan membahayakan jaringan pipa yang sudah ada, terutama ketika penjualan gas dari Eni akan disalurkan pada laju alir dan tekanan yang relatif tinggi. Dalam proyek ini, terdapat 2 paket peralatan instrumen kritikal utama yang di-identifikasi-kan, yaitu paket metering dan HIPPS. Melalui studi kelayakan teknis, beberapa persyaratan utama, seperti ukuran, peralatan terkait, persyaratan pengujian dan sertifikasi, berhasil diidentifikasi. Hal ini menghasilkan estimasi proyek yang lebih baik, dari segi biaya dan jadwal.

Instrumentation and Control is vital in maintaining the operability and controllability of the plant. Having the feasibility study for the critical instrumentation and control equipment helps to properly estimate the cost and schedule of the project. The lean gas project, which its intention is to deliver the sales gas from Jangkrik ORF (Onshore Receiving Facility) straight to the domestic market, requires the sales gas to be properly metered and esured that the delivered sales gas will not jeopardize the existing pipeline, especially when the sales gas from Eni will be delivered in relatively high flowrate and pressure. In this project, 2 (two) main critical instrument packages were identified, metering package and HIPPS. Through the feasibility study, few key requirements, such as size, associated equipments, testing and certification requirement, were successfully identified. This leads to a better project estimation in terms of both cost and schedule.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Lais Alam Iskandar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 47 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-89122106 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537369
Cover