Kanker rektum merupakan jenis kanker yang sering terjadi di masyarakat saat ini. Saat individu terdiagnosis kanker rektum, eliminasi fekal dapat terganggu sehingga diperlukan alternatif untuk eliminasi berupa pembuatan kolostomi. Tindakan kolostomi merupakan pengalaman baru bagi pasien sehingga pasien membutuhkan dukungan untuk penyesuaian diri bahkan sejak awal perawatan. Tujuan penulisan ialah menganalisis pelaksanaan edukasi perencanaan pulang yang dilakukan oleh perawat pada pasien dengan rencana pembuatan kolostomi. Perencanaan pulang telah dilakukan dalam bentuk edukasi dengan beragam strategi edukasi dan berlangsung pada periode pre-operatif dan periode post-operatif. Evaluasi pelaksanaan edukasi pada periode pre-operatif ialah pasien memahami kondisinya, siap menjalani prosedur pembedahan, serta mengetahui kondisinya setelah operasi. Evaluasi edukasi pada periode post-operatif ialah pasien memahami praktik perawatan stoma serta bentuk penyesuaian aktivitas sehari-hari dengan kolostomi. Rekomendasi penulisan perlunya pelaksanaan edukasi perencanaan pulang pada pasien rencana pembuatan stoma sejak awal perawatan dengan materi yang terstruktur dan strategi yang beragam.
Rectal cancer is a common type of cancer in today's society. Patient with rectal cancer has impaired elimination and need another alternative to maintain elimination function by formatting a colostomy. Colostomy is a new experience for patients so that they need support for adjustment from the beginning of treatment. The purpose of writing is to analyze the implementation of discharge planning education for patient with colostomy surgery schedule. Discharge planning education is done with several strategies and from the preoperative until postoperative period. Evaluation of the education in the preoperative period is the patient understands the condition, ready to undergo surgical procedure, and knows the condition after surgery. The evaluation education in the postoperative period is the patient understands the practice of stoma care as well as the form of adjustment of daily activities with colostomy. Recommendation to further discharge planning education is underdone from the beginning of treatment with structured materials and diverse strategies.