UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Nilai Membentuk Profesionalitas dan Rasa Percaya Diri Mahasiswa Pada Rumah Kepemimpinan = Values Shaped Professionalism and Self Esteem on Rumah Kepemimpinan's College Students

Muhammad Taqyuddin Abdurrosyid Zaidan; Imam Ardhianto, supervisor; Prihandoko Sanjatmiko, examiner; Aryo Danusiri, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Majunya perkembangan zaman dan juga sistem pendidikan mendorong mahasiswa melakukan proses magang. Proses magang ini akhirnya menyebabkan meningkatnya kemampuan dan keahlian mahasiswa di setiap bidangnya. Perusahaan memiliki nilai yang berbeda-beda, dan nilai ini akan membentuk profesionalitas dan rasa percaya diri disetiap mahasiswa yang memiliki kesempatan magang. Makalah ini bertujuan menunjukan bagaimana nilai akan membentuk profesionalitas dan rasa percaya diri. Metode penelitian menggunakan refleksi dari pengalaman bekerja penulis di bidang pembinaan. Penulis menemukan 4 metode atau proses yang dapat membuat penulis menjadi profesional dan percaya diri. Pertama adalah proses Onboarding yang mana proses ini dapat menjelaskan dan menggambarkan nilai yang ditanamkan oleh perusahaan, kedua adalah mempelajari tugas dan menjalankannya dengan baik, ketiga adalah berpikir seperti perusahaan dan pimpinan perusahaan berpikir, dan yang terakhir adalah bagaimana memperbaiki kesalahan dengan baik. Proses ini dilakukan penulis saat bekerja selama kurang lebih 1 tahun 4 bulan. Manfaat yang penulis rasakan saat bekerja adalah penulis memahami bagaimana cara menjadi profesional dan meningkatkan rasa percaya diri. Penulis juga menjadi paham bagaimana dunia profesional itu bekerja, bagaimana proses dari mendaftarkan diri bekerja sampai mengalami masa-masa sulit dalam bekerja. Pengalaman ini sangat penting untuk mempersiapkan diri di pasca kampus.

The advancement of the times and also the education system encourages students to undertake the internship process. This internship process ultimately results in increasing students' abilities and expertise in each field. Companies have different values, and these values ​​will shape the professionalism and self-confidence of every student who has the opportunity to do an internship. This paper aims to show how values ​​will shape professionalism and self-confidence. The research method uses reflections from the author's work experience in the field of coaching. The author found 4 methods or processes that can make writers professional and confident. First is the process Onboarding this process can explain and describe the values ​​instilled by the company, second is learning the task and carrying it out well, third is thinking like the company and company leaders think, and the last is how to correct mistakes well. This process was carried out by the author while working for approximately 1 year and 4 months. The benefit that the author feels when working is that the author understands how to be professional and increases his self-confidence. The author also understands how the professional world works, the process from registering for work to experiencing difficult times at work. This experience is very important to prepare yourself for post-college.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Muhammad Taqyuddin Abdurrosyid Zaidan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 37 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 16-24-78185800 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537863
Cover