UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tempat tinggal kami di masa depan: Arsitektur Domestik Adaptif di Tengah Krisis Lingkungan = Our Tomorrow Habitation: Adaptive Domestic Architecture Amidst Environmental Crisis

Clara Jessica Setiawan; Yandi Andri Yatmo, supervisor; Paramita Atmodiwirjo, supervisor; Ariko Andikabina, examiner; Bramasta Putra Redyantanu, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Kajian ini mengajukan sebuah ide mengenai tempat tinggal manusia yang bergerak dan bisa beradaptasi, namun tidak merusak lingkungan dan mampu menjaga kualitas lingkungan tetap baik, sebagai sebuah respon dan persiapan akan berbagai macam kemungkinan perubahan di ekosistem yang dapat atau tidak dapat diprediksi, dan bagaimana manusia bisa terpengaruh dari perubahan tersebut. Bumi yang memiliki kemungkinan untuk semakin memburuk, memaksa manusia untuk keluar dari kota, mencari tempat tinggal baru dan mengaplikasikan gaya hidup baru. Namun, seiring dengan manusia yang turut serta dalam perubahan alam, manusia juga ingin mengambil bagian dalam memperbaiki bumi dengan menyediakan sistem pemulihan di dalam setiap “rumah” yang ada dengan setiap sistem di dalam rumah tersebut memiliki fungsi masing-masing. Untuk langkah mempersiapkan diri dengan berbagai macam kemungkinan ekosistem yang bisa memburuk, kemampuan benda untuk bergerak hadir untuk membantunya berpindah ke berbagai ekosistem dan unsur adaptif untuk memastikan ketersediaan oksigen dan air bagi manusia di dalam ruang. Perancangan ini didorong dengan memahami berbagai kemungkinan kondisi ekosistem dan bagaimana menyikapinya, mengeksplorasi kehidupan digital dan mempelajari bagaimana tumbuhan, hewan dan manusia beradaptasi dan bergerak di berbagai biota.

This paper proposes the idea of moving and adaptive living space for humans that is harmless and keeps the earth’s good qualities, as a response and preparation to various changes in ecosystems that are predictable to unpredictably and how humans could be involved in that shifting. The earth that is possible to become worsen have pursue human to leave the cities, find new place for live and applying new lifestyle. However, as humans are participating throughout the changes, they also want to take a part in repairing earth by providing a restoration system inside the space with each bubble having their own specific function. In the case of preparation, movement elements are present to help it in moving to various ecosystems and adaptive elements to ensure oxygen and water availability for humans inside the space. This design is driven by understanding various possibilities of ecosystem conditions and how to respond to them, exploring digital life and learning how plants, animals and humans adapt and move in various biota.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Clara Jessica Setiawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 43 pages : illustratin + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-55556785 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537926
Cover