UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Arsitektur Alogen: Menanggapi Habitat yang Terfragmentasi = Allogenous Architecture: Responding the Fragmented Habitat

Alifya Zahratun Nisa; Kristanti Dewi Paramita, supervisor; Yandi Andri Yatmo, supervisor; Ariko Andikabina, examiner; Bramasta Putra Redyantanu, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Studi ini didasarkan pada tumbuhan dan hewan, khususnya insinyur ekosistem yang memiliki dampak besar dalam membangun dunia kita melalui hubungan simbiosis. Kehadiran teknologi akan mengubah apa yang sebelumnya kita ketahui tentang apa yang pernah kita sebut alam. Pengetahuan tentang arsitektur yang kita tahu memisahkan diri dari alam yang kita bicarakan menyebabkan fragmen pada hubungan kita. Isolasi di dunia yang berpusat pada manusia akan berdampak pada fragmentasi makhluk lain yang menyebabkan kehancuran di dunia. Oleh karena itu, teknologi harus digunakan untuk memperjuangkan alam, bukan melawannya.
Menerapkan konsep simbiosis ke dalam arsitektur untuk melihat bagaimana arsitektur dapat menjadi mediasi terhadap subjeknya yang membawa manfaat mereka dan bergabung ke dalam siklusnya dan berintegrasi ke dalam proses alaminya. Teknologi akan berintegrasi dengan alam menyebabkan perubahan hubungan dan perilaku antara insinyur ekosistem, hewan lain dan lingkungannya.Mediasi diwujudkan melalui penilaian situasi, lingkungan, subjek dan sumber daya yang tersedia yang mempengaruhi cara intervensi diprogram secara khusus. Metode ini menunjukkan bahwa kolaborasi adalah kunci untuk kelangsungan hidup.

The study is based upon plants and animals, specifically ecosystem engineers that have a big impact in constructing our world through symbiotic relationships. The presence of technology will change what we previously knew about what we once called nature. The knowledge of architecture that we know is splitting ourselves from the nature that we speak of causing a fragment to our relationship. Isolation in a human centric world will have an impact on fragmentation of other beings causing destruction in the world. Hence, technology must be used to fight for nature not against it.
Implementing symbiotic concepts into architecture to see how can architecture become a mediation towards its subjects which brings about their benefits and merge into its cycle and integrate into its natural processes. Technology will integrate with nature causing changes in the relationship and behavior between ecosystem engineers, other animals and their environment. The mediation is realized through the assessment of the situation, environment, subjects and available resources which influences the way interventions are programmed specifically. The method suggests that collaboration is a key to the continuity of life.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Alifya Zahratun Nisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 66 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-59171025 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920537927
Cover