UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Prolonged Happiness: Sebuah Bentuk Coping Mechanism Anak dari Keluarga yang Mengalami Perceraian = Prolonged Happiness: A Form of Coping Mechanism for Children from Families Who Have Divorce Parents

Dia Gloria Ekklesia; Dian Sulistiawati, supervisor; Meutia Farida Swasono, examiner; Lumenta, Dave, examiner; Irfan Nugraha, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Tesis ini membahas mengenai prolonged happiness sebagai bentuk coping mechanism yang dilakukan oleh anak dari kelaurga yang mengalami perceraian. Perceraian menyebabkan adanya perubahan tidak hanya dalam dinamika keluarga, melainkan dalam relasi antarorangtua maupun orangtua dan anak. Selain itu perceraian juga menimbulkan tekanan-tekanan yang hadir dalam relasi anak baik dengan orangtua maupun dengan lingkungan sekitarnya. Penelitian yang menggunakan metode autoetnografi ini melihat bahwa prolonged happiness yang mementingkan kesejahteraan anak dari keluarga yang mengalami perceraian orangtua dapat bertahan dari perubahan dan tekanan yang ada. Pada saat yang sama, pemusatan fokus pada kesejahteraan anak juga mengizinkan keagenan anak untuk berperan dalam melakukan prolonged happiness. Kebahagiaan dan keagenan anak menjadi sumber daya sekaligus tujuan yang hendak dicapai dalam melakukan prolonged happiness dan menghadapi tekanan-tekanan emosional ada anak.

This thesis discusses prolonged happiness as a form of coping mechanism done by children from families who have experienced a divorce. Divorce causes changes not only in family dynamics but also in inter-parental relationship and parent-children relationship. In addition, divorce also creates pressures that are present in the relationship of children both with parents and with the society. This study using autoethnograpic method found that prolonged happiness which is concerned with the well-being of children from families experiencing parental divorce can survive the changes and pressures that exist. At the same time, the focus on child well-being also allows the agency of children to play a role in carrying out prolonged happiness. Children’s happiness and agency become resources simultaneously goals to be achieved in carrying out prolonged happiness and dealing with emotional pressures in children.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dia Gloria Ekklesia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 96 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-31239883 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920538934
Cover