UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Change Leadership Terhadap Affective Commitment to Change Dengan Psychological Empowerment serta Employee Engagement Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Swasta di DKI Jakarta = The Influence of Change Leadership on Affective Commitment to Change with Psychological Empowerment and Employee Engagement as Mediating Variables on Startup Companies in DKI Jakarta

Rafael Eleazar Duma; Eva Andayani, supervisor; Pantius Drahen Soeling, examiner (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Startup merupakan industri yang sedang marak di Indonesia. Startup memiliki dinamika juga cenderung lebih banyak perubahan bila dibandingkan dengan perusahan swasta yang sudah settled atau perusahaan publik. Hal itu terjadi karena startup harus berubah/beradaptasi terhadap segala kondisi (developing time). Peneliti berusaha meneliti mengenai affective commitment to change dan mengetahui variabel apa yang mendorong munculnya affective commitment to change. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari change leadership terhadap affective commitment to change dengan psychological empowerment, dan employee engagement sebagai variabel mediasi pada perusahan Startup di DKI Jakarta). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik purposive sampling yang disebarkan ke 240 karyawan tetap perusahaan startup di DKI Jakarta. Data pada penelitian ini diolah menggunakan software IBM SPSS 26 dan SmartPLS, dimana Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh positif dari change leadership terhadap affective commitment to change pegawai tetap perusahaan startup di DKI Jakarta dan terdapat pengaruh positif dari change leadership terhadap affective commitment to change dengan psychological empowerment/employee engagement sebagai variabel mediasi pada pegawai tetap perusahaan startup di DKI Jakarta.

tartups are a thriving industry in Indonesia, characterized by dynamic changes compared to settled private or public companies. This is due to the constant need for startups to adapt to various conditions within a developing timeframe. The researcher aims to explore affective commitment to change and identify the variables driving the emergence of affective commitment to change. This research aims to analyze the influence of change leadership on affective commitment to change, with psychological empowerment, and employee engagement as mediating variables (a study on startup companies in DKI Jakarta). The research adopts an explanatory approach with a quantitative method. Questionnaires were distributed using purposive sampling to 240 permanent employees of startup companies in DKI Jakarta. Data were processed using IBM SPSS 26 and SmartPLS, employing Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) for data analysis. The results indicate a positive influence of change leadership on affective commitment to change among permanent employees of startup companies in DKI Jakarta. Furthermore, there is a positive impact of change leadership on affective commitment to change, with psychological empowerment/employee engagement serving as mediating variables among permanent employees of startup companies in DKI Jakarta.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rafael Eleazar Duma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 114 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-94096475 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920539144
Cover