Latar Belakang Anatomi merupakan merupakan mata kuliah wajib yang akan terus ada pada setiap blok bagi mahasiswa kedokteran. Akan tetapi, selama pandemi Covid-19 dan dikeluarkannya kebijakan WFH menyebabkan terjadinya keterbatasan dalam pembelajaran anatomi. Kebijakan ini membuat mahasiswa kesulitan dalam mengakses kadaverdan dengan demikian perkuliahan akan sedikit terhambat dan mempengaruhi output yangingindicapai oleh setiap mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan metode alternatif, salah satunya adalah penggunaan aplikasi 3D. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan peningkatan pemahaman mahasiswa dan kepuasan mahasiswa setelah penggunaan i-Atlas modul kardiovaskular. Metode Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan jumlah responden 17 orang. Respondendiberi materi anatomi kardiovaskular, dilanjutkan dengan pemberian waktu belajar menggunakan aplikasi anatomi 3D i-Atlas. Setiap responden diberi tes sebelum dan sesudah diberikannya materi dandiberikan kuesioner untuk menilai kepuasan dalampenggunaan aplikasi. Hasil di olah menggunakan SPSS uji Spearman untuk menilai korelasi anatara peningkatan pemahaman dengan kepuasan. Hasil Uji korelasi Spearman menunjukan bahwa terdapat hubungan antara peningkatan pemahaman dengan kepuasan penggunaan aplikasi i-Atlas (P=0,008). Kesimpulan Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada tingkat pemahaman mahasiswa dan kepuasan mahasiswa setelah penggunaan i-Atlas pada modul kardiovaskular.
Introduction Anatomy is a mandatory subject that will continue to be present in every block for medical student. However, during the Covid-19 pandemic and the issuance of the WFH policy, there were limitations in anatomy learning. This policy makes it difficult for students to acces cadavers and thus lectures will be slightly hempered and affect the output that each student wants to achieve. Therefore, alternative methodsare needed , one of wich is the use of 3D apllications. This study aims to assessthe relationship between increased student understanding and student satisfaction after using the i-Atlas cardiovascular module. Method This research design was quasi-experimental with a total of 17 respondents. Respondents were given cardiovascular anatomty material, followed by study time using the I-Atlas 3D anatomy application. Each respondent was given a test before and after being given the material and given the quiestionnaire to asses satisfication with using the application. The result were processed the SPSS Spearman test to assess the correlation between increased understanting and satisfiication. Results The Spearman correlation test shows that there is a relationship between increased undersranding and satisfication with using the i-Atlas application (P=0.008). Conclusion It can be concluded that three is a significant relationship in the level of student satisfaction after using i-Atlas in the cardiovascular module.