UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Respons Pengguna Twitter Terhadap Sastra Digital "Sewu Dino" Karya SimpleMan = Twitter Users Respons to The Digital Literature "Sewu Dino" by SimpleMan

Nafra Faiza; Limbong, Priscila Fitriasih, supervisor; Ratna Djumala, examiner; Nazarudin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Akhir-akhir ini, keberadaan sastra digital sedang marak-maraknya di dunia digital. Ciri khas sastra ini antara lain dapat diakses melalui platform-platform dalam jaringan. Keberadaan sastra digital ini memudahkan masyarakat untuk membaca novel-novel dan berbagai jenis karya sastra hanya dengan mengakses media sosial atau platform sastra digital yang ada. Selain itu, media sosial juga ikut berperan dalam keberadaan sastra digital karena fungsinya yang tidak hanya sebagai alat komunikasi publik saja, tetapi juga alat berbagi cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon masyarakat terhadap sebuah karya sastra digital yang diambil dari cerita bersambung (thread) akun Twitter @SimpleM81378523 atau yang akrab dipanggil SimpleMan dalam karyanya yang berjudul “Sewu Dino”. Cerita bersambung (thread) dalam penelitian ini adalah cerita rekaan yang dimuat dalam Twitter yang ditampilkan bagian demi bagian secara berurutan pada cuitan dan terhubung dengan tautan balas dan tautan terkait. Keberadaan cerita bersambung (thread) horor yang populer ini mendorong penulis untuk meneliti lebih lanjut tentang respon-respon yang diberikan pembaca di Twitter yang dianggap membantu perkembangan sastra digital beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Selain itu, pendekatan ini juga akan menggunakan konsep studi kasus dengan menggunakan metode netnografi yang berpusat pada respon masyarakat dalam Twitter sebagai daerah penelitian.

Recently, the existence of digital literature has become increasingly popular in the world of literature.. The speciality of this kind of literature is that can be accessed through digital literature platforms. This advancement in digital literature makes things easier for people to read many kinds of literary works just by accessing social media or existing digital literature platforms. Besides, social media also contributes to the digital literature itself because it is just not used for public communication purposes only, but also a medium for sharing stories. The research aims to get to know about public responses towards the work “Sewu Dino” written by SimpleMan on Twitter. The running story in this research is a fiction written on Twitter which is displayed part by part sequentially in the tweet and connected with reply and related links. The existence of this popular horror running story (thread) encouraged the writer to research more further about the responses given by readers on Twitter which considered the development of digital literature in recent years. The research uses qualitative methods. Besides, this research will also use the concept of case studies using netnographic methods which focus on public responses on Twitter as a research area.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Nafra Faiza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 37 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-12654248 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920539289
Cover