UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Peran Jejaring Sosial pada Proses Adaptasi Perawat Asal Indonesia di Jepang = The Role of Social Networks in The Adaptation Process of Indonesian Nurses in Japan

Catharina Chrisidaputri; Dewi Anggraeni, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara para perawat asal Indonesia di Jepang dalam memecahkan masalah proses adaptasi pada masa awal kepindahan ke Jepang dengan mengaplikasikan teori jejaring sosial oleh Putnam (2000). Penelitian ini penting dilakukan karena kebutuhan akan perawat asing dan perawat asal Indonesia di Jepang terus meningkat. Sumber data penelitian ini didapatkan dari wawancara sepuluh perawat asal Indonesia yang bekerja di Jepang. Data penelitian dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa masalah yang ditemui adalah proses kedatangan ke Jepang, komunikasi dengan bahasa Jepang, berinteraksi dengan pasien, interaksi dengan rekan kerja, dukungan emosional, serta menemukan informasi keagamaan. Jejaring sosial dapat membantu memecahkan masalah bahasa Jepang, persiapan ujian, interaksi dengan rekan kerja, dan interaksi dengan pasien. Namun, agensi lebih berperan besar dalam proses migrasi. Penelitian ini juga memperjelas cairnya definisi hubungan ikatan dan hubungan penjembatanan.

This study aims to find out how Indonesian nurses in Japan solve the problem of adaptation process in the early days of moving to Japan by applying Putnam's (2000) social network theory. This research is important because the need for foreign nurses and Indonesian nurses in Japan continues to increase. The source of data for this study was obtained from interviews with ten Indonesian nurses working in Japan. The research data was analyzed using qualitative methods. The results found that the problems encountered were the process of coming to Japan, communicating in Japanese, interacting with patients, interacting with coworkers, emotional support, and finding religious information. Social networking can help solve the problems of Japanese language, exam preparation, interaction with coworkers, and interaction with patients. However, agency plays a bigger role in the migration process. This study also clarifies the fluid definitions of bonding relationships and bridging relationships.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Catharina Chrisidaputri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 46 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-42570111 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920539331
Cover