UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Inovasi Keberlanjutan Terhadap Kinerja UMKM yang Dimediasi oleh Daya Saing Perusahaan: Bukti dari UMKM Sektor Makanan di Indonesia = The Influence of Sustainability Innovation Towards MSMEs Performances Mediated by Firm Competitiveness: Evidence from MSMEs Food Sector in Indonesia

Ihwanul Fairuz Lazuardi; Nining Indroyono Soesilo, supervisor; Surjadi Basuki, examiner; Shahnaz Natasya Arina, Examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Keterkaitan antara hubungan inovasi keberlanjutan dengan kinerja perusahaan yang dimediasi oleh daya saing perusahaan dalam industri makanan Indonesia ditemukan dalam penelitian ini. Makanan dianggap sebagai kebutuhan fisiologis dalam kebutuhan hierarkis Maslow; Pertumbuhannya yang lebih lambat dibandingkan pertumbuhan PDB/kapita menunjukkan kesejahteraan Indonesia yang semakin meningkat meskipun di tengah pandemi Covid-19. Peran pemerintah juga merupakan bagian dari penelitian untuk melihat peran dan dampak pemerintah dalam mendorong keberlanjutan.

Penelitian ini mengumpulkan 115 responden valid melalui kuesioner online dengan mayoritas responden adalah pemilik usaha yang nantinya digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menggunakan analisis PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Model) untuk menganalisis hubungan antara variabel laten yaitu inovasi keberlanjutan, daya saing perusahaan, dan kinerja perusahaan (Operasional, Lingkungan, Keuangan).

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan oleh inovasi keberlanjutan dengan daya saing perusahaan. Daya saing perusahaan juga memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Semua pengaruh tidak langsung menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Melalui sertifikasi di industri pangan, Pemerintah juga terbukti memiliki peran penting dan signifikan dalam mendorong keberlanjutan perusahaan. Penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pemilik bisnis untuk menyusun strategi, jika mereka berinovasi, mereka akan lebih berkelanjutan tidak hanya untuk mereka, tetapi juga untuk lingkungan sekitar.


The links between sustainability innovation relationship with firm performances mediated by the firm competitiveness in Indonesian food industry were discovered in this research. Food is considered the physiological need in Maslow hierarchical need; its slower growth compared to the GDP/capita's growth shows Indonesia's increasing welfare albeit Covid 19 pandemic. Government role also part of the research to see the role and impact of government in promoting sustainability.  This research gathered 115 valid respondents through online questionnaire with majority of the respondents are the owner of the business that later used for the data analysis. This research carried out PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Model) analysis to analyse the relationship between the latent variables which are sustainability innovation, firm competitiveness, and firm performances (Operational, Environmental, Financial).

This research findings shows that there is a positive and significant impact of sustainability innovation with firm competitiveness. Firm competitiveness also has positive and significant relationship towards firm performances. All indirect effect shows positive and significant relationship to firm performances. Through certification in food industry, Government also proven to have important and significant role in promoting firm's sustainability. This research gives beneficial insights for business owner to strategize, if they innovate, they will be more sustainable not only for them, but also for their surroundings.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ihwanul Fairuz Lazuardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 72 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-94065796 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920539621
Cover