UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perilaku korosi timbal (Pb) di dalam larutan asam sulfat dengan penambahan litium nitrat menggunakan metode liniear sweep voltmetic = Corrosion behavior of lead (pb) in sulfuric acid solution with the addition of lithium nitrate using linear sweep voltmetric method

Yudho Junianto Rafindhika; Surya Darma, supervisor; Bambang Soegijono, examiner; Anawati, exanimer; Vivi Fauzia, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pada dasarnya aki adalah baterai penyimpan energi listrik yang dibentuk dalam sebuah reaksi kimia dan dijadikan solusi penyimpanan energi listrik yang serta disimpan dalam volume yang kecil dengan hasil output yang besar Namun, aki (lead acid battery) memiliki banyak kelemahan: potensi berlebih yang lebih tinggi, dan lebih banyak produk korosi; Oleh karena itu, setidakya harus dicampur sejumlah larutan elektrolit untuk memerambat setidaknya proses korosinya. Oleh karena itu agar sifat korosi bisa berkurang, dalam penelitian ini menggunakan bahan senyawa murni timbal (Pb) yang di uji pada campuran larutan elektrolit pada larutan H2SO4 dan larutan LiNO3 dengan variasi 0.5 g, 1 g, dan 2 g. Metodologi yang digunakan Untuk mendapatkan laju korosi yang disebabkan adanya arus korosi menggunakan metode LSV. sedangkan untuk mengamati struktur kristalnya dengan menggunakan difraksi sinar – X. Dan untuk mengamati morfologi dan fasa menggunakan scanning electron microscope. Hasil penelitian ini menunjukkan bila dibandingkan dengan timbal yang murni, fenomena korosi pada timbal yang dicampurkan dengan larutan H2SO4 dan larutan LiNO3 bisa berkurang atau di netralisir.

basically a battery is an electrical energy storage battery that is formed in a chemical reaction and used as a storage solution for electrical energy which is stored in a small volume with a large output. However, the lead acid battery has many disadvantages: higher excess potential, and more corrosion products; Therefore, at least a certain amount of electrolyte solution must be mixed to propagate at least the corrosion process. Therefore, in order to reduce corrosion properties, in this study, pure lead (Pb) compounds were used which were tested on a mixture of electrolyte solutions in H2SO4 and LiNO3 solutions with variations of 0.5 g, 1 g, and 2 g. The methodology used to obtain the corrosion rate caused by the corrosion current, the LSV method is used. observe the crystal structure is by using X-ray diffraction. To observe morphology and phase is by usung electron scanning microscope.. The results of this study indicate that when compared with pure lead, the corrosion phenomenon of lead mixed with H2SO4 solution and LiNO3 solution can be reduced or neutralized.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Yudho Junianto Rafindhika.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 65 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-63741888 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920539746
Cover