UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Migrasi Menggunakan Puppet dan Docker: Studi Kasus Produk Priceside = Migration Using Puppet and Docker: PRICESIDE Product Case Study

Muhammad Krishertanto Adityaputro; Ade Azurat, supervisor; Ichlasul Affan, supervisor; Siti Aminah, examiner; Muhammad Hafizhuddin Hilman, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang migrasi menggunakan Puppet dan Docker dengan studi kasus produk PRICESIDE. Ketika melakukan migrasi sering terjadi kesalahan karena kegiatan yang repetitif, oleh karena itu dilakukan otomasi untuk mengatasi masalah ini. Penelitian terdahulu telah mengkaji pengembangan web dengan SPLE, sehingga banyak pengaturan yang diperlukan untuk mereplikasi di server baru. Puppet adalah alat otomasi yang digunakan dikarenakan keunggulannya dalam mendefinisikan keadaan sistem dengan bahasa deklaratif, sehingga membuat penulisan kode otomasi lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah membuat proses otomasi migrasi menggunakan Puppet dan mengukur efisiensinya dalam segi waktu dan kemudahan dibandingkan dengan otomasi menggunakan bash script. Penelitian ini terdiri dari empat tahap: studi literatur, migrasi data dan aplikasi, otomasi menggunakan Puppet, serta percobaan dan analisis. Dalam penelitian ini, Docker digunakan sebagai pengganti mesin untuk meluncurkan Puppet dan melakukan percobaan untuk mengukur efisiensi Puppet. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses otomasi dengan Puppet lebih mudah dibandingkan dengan bash script, walaupun memerlukan sedikit waktu yang lebih lama. 

This thesis discusses migration using Puppet and Docker with a case study of the PRICESIDE product. During migration, errors often occur due to repetitive tasks, hence automation is employed to address this issue. Previous research has examined web development with SPLE, which requires many configurations to be replicated on the new server. Puppet is an automation tool chosen for its advantage in defining system states using a declarative language, making the creation of automation code much easier. The aim of this research is to create an automated migration process using Puppet and measure its efficiency in terms of time and ease compared to using bash scripts. The study consists of four stages: literature review, data and application migration, automation using Puppet, and experimentation and analysis. Docker is utilized as a replacement for the machine to launch Puppet and conduct experiments to measure Puppet’s efficiency. The research findings reveal that the Puppet automation process is easier than using bash scripts, albeit requiring slightly more time. 

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Krishertanto Adityaputro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 89 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-78726844 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920541327
Cover