Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pendidikan berbasis adab dalam perspektif ahmad hassan

Syarif Hidayat; (Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2018)

 Abstrak

Tulisan ini menyajikan analisis mengenai pendidikan berbasis adab A. Hassan. Seringkali ketokohan A. Hassan sebagai guru utama Persatuan Islam dinilai dari sisi kegigihan dalam menegakkan al-Qur’an dan al-Sunnah. Padahal, kefiguran beliau berkaitan pula dengan dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk anialisis terhadap karya-karya A. Hassan dan wawancara kepada tokoh-tokoh Persatuan Islam. Penulis menyimpulkan, pendidikan A. Hassan banyak menekankan pada pendidikan adab yang dikenal dewasa ini dengan istilah pendidikan karakter. Bukan sekedar mendidik siswa untuk memahami ajaran dengan benar (tafaqquh fi al-din) namun juga mendidik supaya mereka menjadi manusia yang bisa disiplin dan beradab.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 297 JPAM 31:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 0215782
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat
Volume : Vol. 31, No. 2 2018: Hal. 419-432
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : 10.31330/penamas.v31i2.254
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
297 JPAM 31:2 (2018) 08-24-36905401 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920541808
Cover