UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Implementasi Project-Based Learning dalam Kelas Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka: Persepsi Siswa & Guru = The Implementation of Project-Based Learning in English Classroom of Merdeka Curriculum: Students and Teachers Perception

Leini Nadira Rambe; Sonya Puspasari Suganda, supervisor; Sisilia Setiawati Halimi, examiner; Muhammad Arie Andhiko Ajie, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam kelas bahasa Inggris di SMA Swasta dan SMA Negeri yang terpilih sebagai "Sekolah Penggerak". Kedua sekolah merupakan pelopor dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum yang didampingi oleh pemerintah. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek didaulat menjadi dasar dari kurikulum ini. Oleh karena itu, pelaksanaan proyek diterapkan secara masif. Penelitian ini menitikberatkan pada implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam kelas bahasa Inggris kurikulum terbaru, khususnya pada proses implementasi, persepsi siswa dan guru. Metode studi kasus digunakan dengan instrumen lembar observasi, kuesioner daring dan wawancara. Data dikumpulkan dari 348 peserta (346 siswa dan 2 guru) lalu dianalisis secara kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek bervariasi sesuai dengan konteks dan karakteristik masing-masing sekolah. Siswa memberikan respons positif terhadap implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam kelas bahasa Inggris Kurikulum Merdeka, baik dari segi pelaksanaannya maupun peran guru dalam menerapkannya. Siswa merasa tergerak, aktif, dan menunjukkan kemampuan dalam mengerjakan proyek menggunakan aplikasi teknologi yang membantu proses pembelajaran. Di sisi lain, guru juga aktif dan antusias untuk terlibat sebagai fasilitator dalam memandu langkah-langkah implementasi pembelajaran berbasis proyek. Signifikansi hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang memungkinkan untuk diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris Kurikulum Merdeka. Pada penelitian selanjutnya, menarik untuk mengecek ketertarikan guru dalam mengikuti pelatihan guru profesional terkait pembelajaran berbasis proyek serta perkembangannya dalam Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum terbaru di Indonesia.

This research aims to investigate the implementation of project-based learning in English classrooms at a public and a private school, were selected as “Sekolah Penggerak” that implement Merdeka Curriculum as primary curriculum supervised by government. Both are the first and pioneer schools that chose to implement the curriculum. Project-based learning is a fundamental approach which underlies the basis of the curriculum; thus, projects are heavily imposed. This research puts emphasis on project-based learning implementation inside English classrooms under the newest curriculum in terms of its implementation, students’ and teachers’ perception. Case study was the research design; and the instruments used are observation sheet, online questionnaire and interviews. The data were collected from 348 participants (346 students and 2 teachers), and then were analysed qualitatively. Findings show that project-based learning was implemented based on its own context and characteristics of schools. Students possessed positive views on both the implementation and their teachers implementing project-based learning in English classroom of Merdeka Curriculum. Students were motivated, active, and able to use technological applications in finishing their project. Teachers, in the other side, were actively and eagerly got involved as facilitator to facilitate steps on project-based learning implementation. The significant findings indicated that project-based learning is one of the alternative teaching methods which is possible to be implemented in English classroom of Merdeka Curriculum. In further research, it would be interesting to explore teachers’ interest to join professional training related to project-based learning and its development in Merdeka Curriculum as the newest curriculum in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Leini Nadira Rambe.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 42 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-87633785 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920541847
Cover