Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis tahun 2019. Latar belakang penelitian ini adalah adanya persoalan mutu Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang strategis untuk diperhatikan demi efektifitas penyelenggaraan PDF ke depan. Penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif ini mengambil kasus pada PDF tingkat Ulya Ciamis Jawa Barat. Data dan informasi penelitian ini merupakan hasil pikiran para ustadz, pengasuh, pengelola, pakar, dan pejabat terkait serta analisis terhadap penyelenggaraan PDF di pesantren. Hasilnya, pertama dari segi input, rekognisi terhadap PDF di pesantren harus dibarengi dengan pengawalan konteks mutu penyelenggaraan PDF dipesantren secara profesional, terdapat beberapa ustadz kurang memenuhi standar kualifikasi akademikdan semua ustadz belum memiliki sertifikat PDF, standar kurikulum PDF belum terumuskan sesuai jenjang, pembiayaan dan sarana prasarana kurang memadai. Kedua, dari segi proses, manajemen PDF belum tertata dengan baik, belum akreditasi, perencanaan pembelajaran kurang standar, pengelolaan proses pembelajaran kurang efektif, penggunaan metode pembelajaran kurang variatif,penilaian hasil pembelajaran kurang sesuai prosedur yang profesional, pembinaan dan pengawasannya kurang optimal