Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penerapan dan kemampuan teknik cerita berantai pada pembelajaran menceritakan kembali isi fabel

Ferdian Achsani; (Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2020)

 Abstrak

Keterampilan berbicara tampaknya masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian peserta didik. Kebanyakan mereka belum terampil dan berani untuk berbicara di depan kelas. Cerita berantai menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik. Hasil akhirnya mengajarkan siswa agar dapat berani dan terampil ketika berbicara di depan. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sekaligus hasil akhir dari penerapan metode cerita berantai pada pembelajaran teks fabel. Penelitian ini dilakukan di kelas VII E SMP Negeri 1 Weru pada bulan Februari, dengan jumlah 29 siswa sebagai sampel data. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamatisiswa ketika berbicara di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita berantai berjalan dengansangat baik. Hasil akhir menunjukkan nilai 80.17. Penerapan metode pembelajaran ini sangat mudah. Tidak membutuhkan waktu persiapan yang lama.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 400 JIKKT 8:2 (2020)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : ambon: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2020
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 23391154
Majalah/Jurnal : Toto Buang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan
Volume : Vol. 8, No. 2 Desember 2020: Hal. 253-265
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://doi.org/10.26499/ttbng.v8i2.209
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
400 JIKKT 8:2 (2020) 08-24-62413231 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920542519
Cover