Artikel ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh host podcast terhadap pengikutnya. Menurut Stefan Larson dari Prior Data (2024), terdapat lebih dari lima juta podcast dengan lebih dari 75 juta episode pada tahun 2024. Dalam artikel yang sama, ia menyatakan bahwa basis pendengar podcast global terus tumbuh secara konsisten dari tahun 2019 hingga 2024. Podcast dimulai dengan 274,78 juta pendengar pada tahun 2019 dan berkembang menjadi 332,12 juta pada tahun 2020, peningkatan yang signifikan ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh perubahan kebiasaan konsumsi media. Makalah ini menggunakan Audience Reception Theory (1973) karya Paul Lazarsfeld dan metode convenient sampling. Mengambil contoh dari Joe Rogan Experience, salah satu saluran podcast paling populer yang sedang berjalan, makalah ini mempelajari faktor-faktor yang membuat pemirsa terlibat dengan pembawa acara podcast. Dengan mengangkat topik-topik tersebut, motivasi penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara influencer dan pengguna biasa. Artikel ini berpendapat bahwa masing-masing pembawa acara podcast memiliki tingkat pengaruh yang berbeda-beda, bergantung pada kepribadian dan keaslian konten mereka terhadap penonton.
This article aims to study podcast hosts’ influence on their followers. According to Stefan Larson of Prior Data (2024), there are over five million podcasts with more than 75 million episodes as of 2024. In the same article, he states that the global podcast listener base has consistently grown from 2019 to 2024. The podcast began with 274.78 million listeners in 2019 and expanded to 332.12 million in 2020, a significant increase likely influenced by changing media consumption habits. This ongoing growth has given podcast hosts more relevance in being recognised as people of influence. This paper uses Stuart Hall’s Audience Reception Theory (1973) and a convenient sampling method. Taking the case of Joe Rogan Experience, one of the most popular podcast channels currently running, this paper studies the factors that make audiences engage with a podcast host. By tackling these topics, this study's motivation is to explain the relationship between influencers and regular users, arguing that podcast hosts each have varying levels of influence, depending on the personality and authenticity of their content towards the audience.