https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Model Niat Beralih Ke Desain Untuk Konservasi Nilai Material: Studi Kasus Perusahaan Pemesan Kemasan Plastik Fleksibel = A Switching Intention Model to Design for Material Value Conservation: A Case Study of a Flexible Plastic Packaging Purchaser Company

Fitria Indah Astari; Djoko Sihono Gabriel, supervisor; Farizal, supervisor; Novandra Rhezza Pratama, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Upaya dalam mempromosikan praktik berkelanjutan terletak pada keterlibatan aktif perusahaan pemesan plastik dengan beralih ke desain ramah daur ulang dengan paradigma Konservasi Nilai Material (KNM) yang dirancang untuk menghasilkan biji plastik daur ulang berkualitas tinggi sehingga bahan dapat digunakan kembali dan mengurangi limbah plastik. Oleh karena itu, perlu diketahui niat untuk beralih dan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan pemesan kemasan plastik. Pemodelan PLS-SEM digunakan untuk mengolah data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner online kepada 525 responden berupa pemilik UMKM di Jakarta. Nilai Informasi yang Dirasakan adalah faktor yang paling berpengaruh pada Niat Beralih ke Desain untuk Konservasi Nilai Material. Faktor-faktor lain termasuk Nilai Fungsional yang Dirasakan, Nilai Promosi dan Pemasaran yang Dirasakan, Nilai Lingkungan yang Dirasakan, dan Pengetahuan tentang Manfaat Desain untuk KNM. Pada penelitian ini didapatkan secara statistik bahwa faktor Kepedulian Lingkungan, Nilai Sosial yang Dirasakan, dan Nilai Ekonomi yang Dirasakan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beralih.

Efforts in promoting sustainable practices lie in the active involvement of plastic purchaser companies by switching to recycle-friendly designs with a Material Value Conservation (MVC) paradigm designed to produce high-quality recycled plastic seeds so that materials can be reused and reduce plastic waste. Therefore, it is necessary to know the intention to switch and the factors that influence plastic packaging purchaser companies. PLS-SEM modeling was used to process data collected through distributing online questionnaires to 525 respondents in the form of MSME owners in Jakarta. Perceived Information Value was the most influential factor on the intention to switch to Design for Conservation of Material Value. Other factors include Perceived Functional Value, Perceived Promotional and Marketing Value, Perceived Environmental Value, and Knowledge of the Benefits of Design for KNM. In this study, it was statistically found that the factors of Environmental Concern, Perceived Social Value, and Perceived Economic Value did not have a significant effect on switching intention.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Fitria Indah Astari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 86 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-03624806 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920543726
Cover