https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perancangan Ulang Tampilan Antar Muka Platform Konsultansi Edukasi dengan Pendekatan Berpikir Desain = Redesigning the Interface of Education Consultancy Platform Using Design Thinking Approach

Robby Pratama Putra; Amalia Suzianti, supervisor; Armand Omar Moeis, examiner; Billy Muhamad Iqbal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang tampilan antar muka platform konsultansi edukasi dengan menggunakan pendekatan berpikir desain untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan kegunaan platform. Metodologi penelitian ini melibatkan empat fase utama dari Design thinking, yaitu pemahaman masalah, definisi permasalahan, ideasi solusi, dan pengujian prototipe. Tahap pemahaman dan observasi awal mengungkapkan tantangan pengguna dalam navigasi yang kompleks, integrasi informasi yang tidak memadai, serta kurangnya fokus pada tugas-tugas krusial. Berdasarkan temuan ini, dilakukan penyederhanaan navigasi, pengelompokan informasi yang lebih baik, dan penonjolan informasi penting dengan jelas dalam perancangan ulang antarmuka. Implementasi prototipe dilakukan menggunakan Figma, dengan iterasi berkelanjutan yang melibatkan pengguna akhir dalam pengujian interaksi dan evaluasi alur kerja antarmuka. Evaluasi menggunakan berbagai metode, termasuk pengukuran System Usability Scale (SUS), menunjukkan peningkatan signifikan dari skor SUS awal 30 menjadi 78.5 setelah implementasi. Selain itu, uji coba keandalan (reliability testing) dilakukan untuk memastikan kinerja platform yang stabil dan responsif di berbagai kondisi penggunaan.

This research aims to redesign of the user interface for an educational consultancy platform using a design thinking approach to enhance user experience and usability. The research methodology encompasses the four main phases of Design thinking: problem understanding, problem definition, solution ideation, and prototype testing. Initial understanding and observation phases revealed user challenges such as complex navigation, inadequate information integration, and insufficient focus on critical tasks. Based on these findings, the redesign focused on simplifying navigation, improving information grouping, and highlighting important information clearly. Prototype implementation was conducted using Figma, with continuous iterations involving end users in interaction testing and workflow evaluation. Evaluation methods included System Usability Scale (SUS) measurement, showing a significant improvement from an initial SUS score of 30 to 78.5 post-implementation. Additionally, reliability testing was performed to ensure stable and responsive platform performance under various usage conditions.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Robby Pratama Putra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 89 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-69360108 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920545579
Cover