https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengalaman Perawat dalam Pelaksanaan Metode Penugasan Keperawatan Primer = Nurses' Experience in Implementing the Primary Nursing Assignment Method

Halimatul Nurhikmah; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor; Hening Pujasari, supervisor; Hanny Handiyani, examiner; Rahayu Nawangwulan, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Pelayanan yang berkualitas bagi pasien berkaitan dengan metode pemberian asuhan yang diberikan oleh perawat. Metode penugasan keperawatan primer dianggap sebagai metode penugasan yang efektif berkaitan dengan otonomi dan tanggung jawab perawat serta dampak positif bagi pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman perawat dalam pelaksanaan metode penugasan keperawatan primer. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Wawancara mendalam semi terstruktur dilakukan kepada 12 partisipan yang merupakan perawat primer di Rumah Sakit. Proses wawancara dilakukan satu kali untuk setiap partisipan dengan durasi 50-90 menit. Selama proses wawancara dilakukan perekaman audio dengan alat voice recorder. Hasil rekaman audio dibuat transkrip verbatim untuk dilakukan analisis tematik. Analisis tematik menghasilkan delapan tema, yaitu:  1) Paham bahwa semua perawat adalah perawat primer; 2) Membuat merasa lebih bertanggung jawab; 3) Komunikasi menjadi isu penting; 4) Memerlukan dukungan teman sejawat dan atasan; 5) Mendukung pelaksanaan kolaborasi interprofesional; 6) Pasien memberikan respon positif; 7) Menyebabkan perasaan “campur-campur” (senang, kesal, capek); 8) Berharap pelaksanaan metode Keperawatan Primer lebih baik lagi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perawat primer mengalami pengalaman dan perasaan positif dan negatif dalam pelaksanaan metode penugasan keperawatan primer. Namun secara keseluruhan, metode penugasan ini dipandang sebagai hal yang positif karena dampaknya bagi perawat dan pasien. Rekomendasi dari penelitian ini adalah Rumah sakit perlu menyiapkan perawat untuk menghadapi masa transisi perubahan metode keperawatan dan mensosialisasikan kebijakan metode penugasan keperawatan kepada profesional pemberi asuhan lainnya, serta terus melakukan evaluasi kepuasan pasien dan kepuasan internal  sebagai dasar PDSA untuk peningkatan mutu.

Quality service for patients is related to the method of providing care provided by nurses. The primary nursing assignment method is considered an effective assignment method related to the autonomy and responsibility of nurses as well as the positive impact on patients. The aim of this study was to explore nurses' experiences in implementing the primary nursing assignment method. This research uses a qualitative design with a phenomenological approach. Semi-structured in-depth interviews were conducted with 12 participants who were primary nurses at the hospital. The interview process was carried out once for each participant with a duration of 50-90 minutes. During the interview process, audio recording was carried out using a voice recorder. The results of the audio recordings were made into verbatim transcripts for thematic analysis.  Thematic analysis produced eight themes, namely: 1) Understand that all nurses are primary nurses; 2) Makes you feel more responsible; 3) Communication is an important issue; 4) Requires support from colleagues and superiors; 5) Support the implementation of interprofessional collaboration; 6) The patient gives a positive response; 7) Causes "mixed" feelings (happy, annoyed, tired); 8) Hope that the implementation of Primary Nursing methods will be better. The conclusion of this research is that primary nurses experience positive and negative experiences and feelings in implementing the primary nursing assignment method. However, overall, this assignment method is seen as a positive thing because of its impact on nurses and patients. The recommendation from this research is that hospitals need to prepare nurses to face the transition period of changes in nursing methods and socialize nursing assignment method policies to other care professionals, as well as continue to evaluate patient satisfaction and internal satisfaction as a basis for PDSA for quality improvement.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Halimatul Nurhikmah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 88 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-52711068 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546905
Cover