UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Strategi Transformasi Digital Menuju Asuransi 4.0: Studi Kasus PT Reasuransi ABC = Digital Transformation Strategy Towards Insurance 4.0: A Case Study of ABC Reinsurance Company

Jennyfer Romaito; Sensuse, Dana Indra, supervisor; Sofian Lusa, supervisor; Rizal Fathoni Aji, examiner; Bobby Achirul Awal Nazief, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Bisnis reasuransi di Indonesia memiliki peluang tumbuh karena banyak perusahaan asuransi ingin mengasuransikan risikonya atau membagi risikonya dengan perusahaan reasuransi. PT Reasuransi ABC adalah perusahaan dengan bisnis reasuransi di Indonesia. Produktivitas yang lambat dalam siklus penetapan harga premi dan mengalami peningkatan Beban Usaha & Underwriting sehingga sulit menyerap premi yang merupakan pendapatan bagi perusahaan. Untuk mempercepat produktivitas siklus penetapan harga premi dapat melalui perubahan model bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi transformasi digital yang tepat untuk mengadopsi konsep industri asuransi 4.0 pada proses bisnisnya sehingga dapat ekspansi ke pasar ASEAN. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumen, wawancara, dan FGD. Penyusunan rumusan strategi transformasi digital menggunakan Digital Leadership Framework yang dipetakan ke dalam Model 4P Asuransi 4.0. Penelitian ini diliterasikan dengan penelitian lain melalui analisis 3C2S serta metode analisis Value Chain, Benchmarking, Porter 5’s Forces, PESTEL, dan SWOT. Hasil penelitian ini telah divalidasi internal dan diharapkan dapat menjadi referensi manajemen dalam melakukan transformasi digital untuk ekspansi ke pasar ASEAN.

The reinsurance business in Indonesia has the opportunity to grow because many insurance companies want to insure their risks or share their risks with reinsurance companies. PT Reinsurance ABC is a company with a reinsurance business in Indonesia. Slow productivity in the premium pricing cycle and experiencing an increase in Operating & Underwriting Expenses making it difficult to absorb premiums which are income for the company. To speed up the productivity of the premium pricing cycle, you can change the business model. This research aims to conduct analysis and formulate an appropriate digital transformation strategy to adopt the insurance industry 4.0 concept in its business processes so that it can expand into the ASEAN market. This research is a case study with qualitative methods. Data collection was carried out by means of observation, document study, interviews and FGD. Preparing a digital transformation strategy formulation using the Digital Leadership Framework which is mapped into the 4P Insurance 4.0 Model. This research is combined with other research through 3C2S analysis and Value Chain, Benchmarking, Porter 5's Forces, PESTEL, and SWOT analysis methods. The results of this research have been validated internally and are expected to become a reference for management in carrying out digital transformation for expansion into the ASEAN market.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Jennyfer Romaito.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 116 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-08900015 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546915
Cover