UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Fungsi Musik Hip-Hop Sebagai Komunikasi Massa Terhadap Munculnya Fenomena B-Kei Fashion di Jepang: Harajuku, Takeshitadoori = The Function of Hip-Hop Music as Mass Communication in the Emergence of the B-Kei Fashion Phenomenon in Japan: Harajuku, Takeshitadoori

Baihaqi Genta Fadhlonsyah; Bambang Wibawarta, supervisor; Himawan Pratama, examiner; Citra Rindu Prameswari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Pada penelitian ini, penulis akan membahas mengenai apa saja fungsi musik hip-hop sebagai sebuah bentuk komunikasi massa berdasarkan teori Joseph R. Dominick dan bagaimana hal tersebut dapat menjadi pemicu munculnya sebuah fenomena tren berbusana b-kei fashion di Jepang, Harajuku, Takeshitadoori, Jepang. Metode penelitian yang digunakan penulis ialah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel untuk mengumpulkan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner yang disebarkan kepada sampel yang ditargetkan kepada pengunjung, fashion enthusiasts, pengamat fesyen, dan beberapa pegawai toko yang berada di Harajuku, Takeshitadoori, Jepang Penelitian ini membuktikan bahwa musik hip-hop sebagai bentuk komunikasi massa menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga berhasil menjadi sebuah pemicu munculnya fenomena tren berbusana b-kei fashion yang ramai diminati di Harajuku, Takeshitadoori, Jepang.

In this study, the author will discuss the functions of hip-hop music as a form of mass communication based on Joseph R. Dominick’s theory and how it can trigger the emergence of the b-kei fashion trend phenomenon in Harajuku, Takeshitadoori, Japan. The author utilized both quantitative and qualitative research methods for this study. The data collection used several sampling techniques, which included observations, interviews, documentation, and questionnaires distributed to the intended samples, comprised of visitors, fashion enthusiasts, fashion observers, and several shop employees found in Harajuku, Takeshitadoori, Japan. This study proves that hip-hop music functions effectively as a form of mass communication, therefore successfully triggering the emergence of the popular bkei fashion trend phenomenon in Harajuku, Takeshitadoori, Japan.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Baihaqi Genta Fadhlonsyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 46 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-40333030 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546942
Cover