https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas Edukasi Menggunakan Animasi Audiovisual terhadap Kecemasan Anak Pra-Sekolah sebelum Tindakan Operasi = The Effectiveness of Education Using Audiovisual Animation on Preoperative Anxiety in Preschool Children

Mita Noviyanti; Siti Chodidjah, supervisor; Ayu Widya Lestari, supervisor; Dessie Wanda, examiner; Lita Nurlita, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Kecemasan menjelang prosedur operasi merupakan hal umum yang dialami jutaan pasien anak setiap tahunnya. Stres dan kecemasan pre-operasi yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif terhadap kondisi anak seperti terjadinya nyeri pasca operasi yang lebih berat dan pemulihan yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas edukasi menggunakan media animasi audiovisual terhadap kecemasan anak pra-sekolah sebelum tindakan operasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Controlled Trial Designs (RCTs). Responden dibagi secara acak menjadi 2 kelompok (masing-masing n=26), Kelompok A: menggunakan animasi audiovisual yang diproduksi sendiri berisi informasi terkait prosedur pembedahan; Kelompok B: kelompok kontrol. Kecemasan anak-anak sebelum operasi dinilai menggunakan Modified Yale Preoperative Anxiety Scale (mYPAS) pada titik waktu yang berbeda: sehari sebelum operasi (T0/baseline), di ruang persiapan operasi (T1), dan sesaat sebelum induksi anestesi (T2). Skor kecemasan dianalisis menggunakan Generalized Linear Models (GLM). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor kecemasan yang signifikan antara kelompok yang diberikan edukasi dengan media animasi audiovisual dengan kelompok kontrol pada pengukuran kedua (MD: -11,73; p<0,05). Edukasi dengan media animasi audiovisual berpengaruh terhadap kecemasan anak pra-sekolah sebelum tindakan operasi, sehingga dapat dipertimbangkan dan diintegrasikan dalam program persiapan pre-operasi sebagai intervensi keperawatan yang dilakukan secara mandiri oleh perawat untuk anak yang menjalani tindakan operasi.

Anxiety before surgical procedures is a common thing experienced by millions of pediatric patients every year. Excessive pre-operative stress and anxiety can have a negative impact on the child's condition, such as more severe post-operative pain and poor recovery. This study aims to identify the effectiveness of education using audiovisual animation on preoperative anxiety in preschool children. This research used a Randomized Controlled Designs (RCTs). The children were randomly divided into 2 groups (n = 26 for each), Group A: using a self-produced audio-visual animation which contains information related to the surgical procedure; Group B: controlled group. Children’s preoperative anxiety was determined by the modified Yale Preoperative Anxiety Scale (mYPAS) at different time points: the night before surgery (T0/baseline), at pre-anesthetic holding room (T1), and just before anesthesia induction (T2). Anxiety scores were analyzed using Generalized Linear Models (GLM). The results of the analysis showed that there was a significant difference in anxiety scores between the group that was given education using audiovisual animation media and the control group in the second measurement (T2) (MD: -11.73; p<0.05). Education using audiovisual animation media has an effect on preoperative anxiety in preschool children. The results of this study can be considered and integrated into the pre-operative preparation program as a nursing intervention carried out independently by nurses for children undergoing surgery.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Mita Noviyanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xv, 65 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-19282949 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920547710
Cover