UI - Skripsi Membership :: Back

UI - Skripsi Membership :: Back

Pengaruh Experiential Learning terhadap Entrepreneurial Intentions dengan Entrepreneurial Self-Efficacy sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara) = The Influence of Experiential Learning on Entrepreneurial Intentions with Entrepreneurial Self-Efficacy as Mediating Variable: A Study on Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara Student

Yolanda Novianti; Novita Ikasari, supervisor; Prima Nurita Rusmaningsih, examiner; Nurul Safitri, examiner (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstract

Entrepreneurial Intention (EI) akan menjadi langkah pertama untuk mulai mengembangkan usaha dan terkadang membutuhkan proses panjang dalam penciptaan usaha. Dalam mendukung hal tersebut, perguruan tinggi sebagai lembaga yang mendidik para lulusan baru perlu mengarahkan mahasiswa untuk menumbuhkan minat berwirausaha sehingga diperlukan kegiatan kewirausahaan yang memberdayakan mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara, serta menganalisis pengaruh entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian merupakan mahasiswa/i dari program studi bisnis yang pernah mengikuti kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh universitas/fakultas/program studi. Setelah penyebaran kuesioner, diperoleh data dari 407 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang tidak signifikan atau berhubungan negatif. Sebaliknya, pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions melalui entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi pada mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang signifikan atau berhubungan positif.

Entrepreneurial intention will be the first step to start developing a business and sometimes need a long process in business creation. In supporting this, universities as institutions that educate new graduates need to direct students to develop an interest in entrepreneurship so that entrepreneurial activities are needed that empower students to become entrepreneurs. The aim of this research is to analyze the influence of experiential learning on students' entrepreneurial intentions at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara, as well as to analyze the influence of entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires. The research samples were business study program students who had participated in entrepreneurial activities. After distributing the questionnaire, data was obtained from 407 respondents. This research uses descriptive data analysis and inferential statistical analysis techniques with the PLS-SEM approach. The results show that the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions of students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an insignificant influence. In contrast, the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions through entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable for students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an influence significant.

 Digital Files: 1

Shelf
 S-Yolanda Novianti.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Skripsi Membership
Call Number : S-pdf
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
Cataloguing Source LIbUI ind rda
Content Type text
Media Type computer
Carrier Type online resource
Physical Description xvii, 135 pages : illustration + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
S-pdf 14-24-72076860 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 9999920549030
Cover