Penelitian ini mengkaji bagaimana konstruksi anak bahagia digambarkan dalam novel Aku, Meps, dan Beps dan bagaimana gaya pengasuhan yang dilakukan oleh Meps dan Beps mengonstruksi karakter tokoh Aku pada novel Aku, Meps, dan Beps. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan struktural yang berfokus pada unsur tokoh dan penokohan. Hasil analisis struktural tersebut diolah dengan menggunakan konsep konstruksi untuk menunjukkan karakter anak bahagia dalam novel Aku, Meps, dan Beps. Selain konsep konstruksi, konsep gaya pengasuhan juga digunakan untuk menunjukkan gaya pengasuhan Meps dan Beps terhadap konstruksi karakter anak bahagia pada tokoh Aku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakter bahagia yang dimiliki oleh tokoh Aku digambarkan melalui karakternya yang mampu mengendalikan emosi, memiliki empati dan kepedulian terhadap sesama, serta menunjukkan kecerdasan dan kreativitas. Karakter yang dimiliki oleh tokoh Aku tersebut dibentuk melalui gaya pengasuhan otoritatif Meps dan Beps yang hangat, responsif, komunikatif, dan suportif.
This study examines how the construction of a happy child is constructes in the novel Aku, Meps, dan Beps and how the parenting style practiced by Meps and Beps constructs the character of Aku in Aku, Meps, dan Beps. This study uses a qualitative method with a structural approach that focus on characters. The results of the structural analysis are processed by using the concept of construction to show the character of happy children in the novel Aku, Meps, and Beps. In addition to the concept of construction, the concept of parenting style is also used to show the parenting style of Meps and Beps to the character Aku. The results of the study show that the happy character of Aku is constructed through his character who is able to control emotions, has empathy and concern for others, and is intelligent and creative. Aku's character is formed through Meps and Beps' authoritative parenting style which is warm, responsive, communicative, and supportive.