UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Navigating the Impact of Conflicting Information on Consumers' Intentions to Adopt Plant-based Meat Alternatives: The Role of Uncertainty Avoidance and Food Preference Dissonance = Menavigasi Dampak Informasi yang Bertentangan terhadap Niat Konsumen untuk Mengadopsi Alternatif Daging Berbasis Nabati: Peran Penghindaran Ketidakpastian dan Disonansi Preferensi Makanan

Tifanny Regina Agita; (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Informasi mengenai produk perlahan-lahan memiliki pengaruh yang besar terhadap pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan niat pembelian, terutama untuk produk-produk seperti alternatif daging nabati yang telah terbukti memberikan dampak baik terhadap lingkungan. Namun, ketersediaan informasi mengenai satu produk mungkin menghasilkan informasi yang bertentangan dan kongruen. Makalah ini menyelidiki apakah informasi yang bertentangan mempengaruhi rendahnya niat individu untuk mengadopsi alternatif daging nabati dan apakah budaya penghindaran ketidakpastian dan disonansi preferensi makanan mempunyai pengaruh terhadap hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara informasi yang bertentangan dengan niat individu untuk mengadopsi alternatif daging nabati (PBMA). Namun terdapat hubungan positif antara budaya penghindaran ketidakpastian sebagai moderator dan disonansi preferensi makanan sebagai mediator terhadap niat adopsi. Hasil penelitian ini menekankan bahwa informasi mempunyai peran penting dalam membentuk kemauan individu untuk mengadopsi PBMA di sektor pangan. Penelitian lebih lanjut harus mengeksplorasi pengaruh informasi terhadap perilaku, bukan niat membeli. Oleh karena itu, mempertimbangkan variabel tambahan sebagai moderator atau mediator potensial dalam penelitian selanjutnya mungkin tidak cukup.
Information about products is gradually having a big influence on customers to gain trust and improve purchase intention, especially for products like plant-based meat alternatives that have been proven to have a good impact on the environment. However, the availability of information regarding a single product might result in both conflicting and congruent information. This paper investigates whether conflicting information influences individuals' lower intention to adopt plant-based meat alternatives and whether uncertainty avoidance culture and food preference dissonance have influence on it. The findings showed there is a direct relationship between conflicting information towards individuals’ intention to adopt plant-based meat alternatives (PBMA). However, there is a positive relationship between uncertainty avoidance culture as moderator and food preference dissonance as mediator towards adoption intention. The findings emphasize that information has a significant role in shaping individual’s willingness for adopting PBMA within the food sector. Further study should explore the influence of information on behavior, rather than purchase intentions. Therefore, considering additional variables as potential moderators or mediators in future studies may not be sufficient.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Tifanni Regina Agita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 62 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-69278614 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920550368
Cover