https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Promosi Pariwisata Kota Hita di Prefektur Oita Melalui Attack on Titan = Promotion of Hita City Tourism in Oita Prefecture Through Attack on Titan

Nadya Olivia; Didit Dwi Subagio, supervisor; M. Mossadeq Bahri, examiner; Dhini Afiatanti, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Produk budaya populer Jepang seperti anime dan manga diterima baik oleh masyarakat luas. Pengaruh yang diberikan pada masyarakat dimanfaatkan pemerintah untuk memberi keuntungan dalam bidang pariwisata. Contents tourism adalah istilah yang digunakan untuk pariwisata yang terinspirasi dari konten suatu budaya populer. Salah satu daerah yang memanfaatkan contents tourism adalah Kota Hita di Prefektur Oita yang melakukan kerja sama dengan Attack on Titan untuk menarik wisatawan. Penelitian ini akan membahas upaya promosi pariwisata Kota Hita melalui kerja sama dengan tim produsen Attack on Titan dan juga dampak yang dihasilkan dari kerja sama tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan studi kepustakaan, yaitu dengan mempelajari berbagai sumber bacaan yang kemudian dianalisa menggunakan teori contents tourism oleh Horiuchi Junichi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan konten Attack on Titan di Kota Hita dalam sektor pariwisata meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. Tiga elemen penting contets tourism, yaitu penggemar, pebisnis konten, dan otoritas lokal saling mempengaruhi dan berperan dalam mempromosikan pariwisata di kota Hita.

Japanese popular culture products such as anime and manga are well received by the wider community. The influence given to the community is utilized by the government to provide benefits in the tourism sector. Contents tourism is a term used for tourism that is inspired by the content of a popular culture. One of the areas that utilizes contents tourism is Hita City in Oita Prefecture which collaborates with Attack on Titan to attract tourists. This research will discuss the efforts of Hita City tourism promotion through collaboration with the production team of Attack on Titan and also the impacts resulting from that collaboration. The method used in this research was a qualitative method and literature review, namely by studying various reading sources which are then analyzed using the theory of contents tourism by Horiuchi Junichi. The results of this research showed that content utilization of Attack on Titan in Hita City in the tourism sector increased the number of tourists who come. Three important elements of contents tourism, namely fans, content business, and local authority influenced each other and had a role in promoting tourism in Hita City.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Nadya Olivia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-32718402 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920553870
Cover