UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Komunitas Jendela Jakarta = Evaluation of Komunitas Jendela Jakarta Nonformal Education Program

Rafi Ichsan Firdaus Radjab; Johannes Prio Sambodho, supervisor; Nanu Sundjojo, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi formatif yang komprehensif terhadap pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Komunitas Jendela Jakarta dalam proses capacity building dalam level organisasional sebagai manajemen pengelola program, level individu sebagai penerima program dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan model evaluasi CIPP, baik dari aspek konteks, input, proses, maupun produk menunjukan hasil yang kurang baik. Pada aspek konteks temuan menunjukan tidak adanya data referensi yang mendukung latar belakang dan tujuan program. Pada aspek input ditemukan bahwa kompetensi pengajar yang kurang merata dan sarana fasilitas yang belum mencukupi. Pada aspek proses terdapat hambatan dalam pembelajaran dikarenakan komitmen pengajar dan antusiasme peserta, serta kurikulum yang tidak terstruktur dengan baik. Sedangkan pada aspek produk terdapat manfaat yang dirasakan oleh peserta, namun dampak jangka Panjang belum optimal dan tidak terukur dengan baik. Lebih lanjut, proses capacity building menunjukan hasil yang kurang baik, program ini belum berhasil mengembangkan kapasitas pada tahapan perencanaan, implementasi serta tahapan monitoring evaluasi.

This study aims to conduct a comprehensive formative evaluation of the implementation of the Komunitas Jendela Jakarta Nonformal Education Program in the process of capacity building at the organizational level as program management and at the individual level as program recipients using the CIPP (Context, Input, Process, and Product) model. The results showed that based on the CIPP evaluation model, both in terms of context, input, process, and product, the results were poorly. In the context aspect, the findings show that there is no reference data that supports the background and objectives of the program. In the input aspect, it was found that the competence of teachers was not evenly distributed and the facilities were not sufficient. In the process aspect, there are obstacles in learning due to the commitment of the teacher and the enthusiasm of the participants, as well as the curriculum that is not well structured. While in the product aspect there are benefits that are felt by participants, but the long-term impact is not optimal and not well measured. Furthermore, the process of capacity building shows poor results, this program has not succeeded in developing capacity at the planning, implementation, and monitoring evaluation stages.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Rafi Ichsan Firdaus Radjab.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 51 pages : illustration + apendik
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-41299547 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920553959
Cover