Reksa dana merupakan salah satu wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Saat ini, banyak sekali pilihan aplikasi berbasis mobile yang menawarkan fitur jual beli reksa dana. Banyaknya pilihan tersebut menimbulkan persaingan antar pengembang aplikasi sehingga membuat para pengembang ini berlomba-lomba untuk mencari cara untuk mempertahankan kesetiaan penggunanya dengan meningkatkan angka retensi pengguna pada aplikasinya. Namun, saat ini belum banyak penelitian yang membahas mengenai retensi pengguna pada aplikasi investasi reksa dana. Sementara itu, penelitian yang penulis temukan terkait retensi pengguna pada aplikasi investasi reksa dana, tidak membahas faktor kualitas dari aplikasi, namun lebih berfokus pada faktor lain di luar aplikasi. Hal tersebut menjadi latar belakang penulis dalam melakukan penelitian ini. Penulis berfokus dalam menganalisa faktor-faktor yang memengaruhi retensi pengguna pada aplikasi investasi reksa dana di Indonesia berdasarkan aspek kualitas aplikasi dan perceived usability. Penelitian ini menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM) sebagai model atau teori utama. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu dengan menggunakan survei. Pada penelitian ini, data yang digunakan berjumlah 414 data responden. Data tersebut selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan metode Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang secara langsung dapat memengaruhi retensi pengguna pada aplikasi investasi reksa dana, yaitu satisfaction, perceived usefulness, dan perceived enjoyment. Berdasarkan ketiga variabel tersebut, variabel satisfaction memiliki pengaruh yang paling signifikan. Satisfaction atau kepuasan pengguna sendiri, diketahui dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu perceived usefulness, perceived enjoyment, perceived ease of use, trust, confirmation, prompt response, dan security.
Mutual funds are one of the platforms used by the public to raise funds. Currently, there are many choices of mobile-based applications that offer buying or selling mutual fund features. The large number of choices creates competition between application developers, making these application developers compete to find ways to maintain user loyalty by increasing user retention rates on the app. However, currently there are not many studies that discuss user retention in mutual fund investment applications. Meanwhile, the research that the authors found related to user retention on mutual fund investment applications, didn’t discuss the quality factor of the application, but focused more on other factors outside the application. This is the background of the author in conducting this research. In this research, the author will focus on analyzing the factors that influence user retention or the user's tendency to continue to use the mutual fund investment application that they are currently using, based on application quality and perceived usability aspects. This study uses the Expectation-Confirmation Model (ECM) as the main model or theory. The research method used by the author in this study is a quantitative method. In this study, the data used by a number of 414 respondents' data. Furthermore, the data will be processed and analyzed using the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method. The results of this study indicate that there are three variables that can directly affect user retention in mutual fund investment applications, namely satisfaction, perceived usefulness, and perceived enjoyment. Based on these three variables, the satisfaction variable has the most significant influence on user retention in the mutual fund investment application. Satisfaction itself is known to be influenced by several factors, namely perceived usefulness, perceived enjoyment, perceived ease of use, trust, confirmation, prompt response, and security.