UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Karakteristik Pengguna Berdasarkan Pengalaman Pengunaan Aplikasi dan Pengaruhnya terhadap Hasil Usability Testing: Studi Kasus Platform Shopee = Analysis of User Characteristics Based on Prior Experience and Their Influence on Usability Testing Result: Case Study on Shopee

Naomi Riana Lumban Gaol; Harry Budi Santoso, supervisor; Panca Oktavia Hadi Putra, supervisor; Dadan Hardianto, examiner; R. Yugo Kartono Isal, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Usability Testing merupakan salah satu metode pengujian perangkat lunak yang diterapkan dalam user-centered design. Dalam pelaksanaannya, usability testing dipengaruhi oleh empat faktor: karakteristik pengguna, skenario task, prototipe sistem, serta lingkungan tempat pengujian. Karakteristik pengguna merupakan salah satu dari faktor yang pernah diuji. Dimensi yang diambil untuk pengujian karakteristik pengguna dapat berupa umur, bidang minat pekerjaan atau pendidikan, serta kompetensi pengguna ketika menggunakan teknologi secara umum atau perangkat secara spesifik. Kompetensi pengguna adalah salah satu karakteristik yang memengaruhi kemampuan dan cara pengguna mengutilisasi produk untuk mencapai tujuannya. Terdapat penelitian sebelumnya yang mendefinisikan kehandalan partisipan sebagai prasyarat untuk usability testing tapi ada juga yang tidak mendefinisikan hal ini. Selain itu, penelitian sebelumnya kurang berfokus untuk menggali lebih dalam kebiasaan dan pengalaman pengguna yang dapat mendukung mereka untuk menyelesaikan skenario. Penelitian ini membahas bagaimana karakteristik dan preferensi yang dimiliki pengguna berdasarkan pengalaman dan kebiasaan mereka dalam berbelanja daring. Pengguna akan dibagi dalam empat tipe responden yang berbeda menurut pengalaman mereka menggunakan aplikasi belanja daring. Keempat tipe pengguna ini memiliki karakteristik dan preferensi yang berbeda ketika berbelanja. Mereka memiliki kebutuhan yang sama dan berbeda antar responden sehingga pengembang perlu mengembangkan sistem yang dapat memenuhi kebutuhan empat golongan responden tersebut. Karakteristik ini juga akan memengaruhi bagaimana mereka menyelesaikan skenario yang diberikan pada usability testing. Sebagai hasil, pengguna yang pernah menggunakan Shopee dapat menyelesaikan tahap pencarian barang dan proses checkout tanpa mengalami banyak masalah dan mengecek konfirmasi pemesanan dengan lebih cepat. Sebaliknya, pengguna yang belum pernah menggunakan Shopee sebelumnya akan menemukan lebih banyak masalah ketika mencari barang dan melakukan checkout dan membutuhkan durasi yang lebih lama untuk mengecek konfirmasi pemesanan.

Usability Testing is one of the software testing methods applied in user-centered design. In its implementation, usability test is influenced by four factors: user characteristics, task scenarios, prototype fidelity, and environment. User characteristics are one of the factors that have examined by researchers. Dimensions taken for testing user characteristics for the example are users’ age, field of interest, as well as the competence or experience using technology in general or specific devices. User competence is one of the characteristics that affects the way users utilized the product to achieve their goals. There are researches that defined participants’ competence as a prerequisite for usability testing but there are also those that don’t. Moreover, previous researches had focused less on exploring users’ habit and prior experience that would be able to help them completing given scenarios. This study discusses how the characteristics and preferences of users based on their prior experience using product, specifically an online marketplace (Shopee), can affect the result of usability testing. Users would be divided into four different types of respondents according to their experience using prior an online shopping application. These four types of users different have characteristics and preferences in their habits of online shopping. Each group have similarities and differences when it comes to shopping. The developers should develop a system that meet the needs of the four groups of respondents. These characteristics also affect how they complete the scenarios assigned to the usability testing. As a result, users already who have used Shopee managed to complete the step one (searching for the product) and step two (checkout) without experiencing much problems. They also managed to check the confirmation detail much faster than those who are not Shopee users. On the contrary, non-Shopee users found more problems when searching desired product and checkingout the cart and require longer duration to check the order confirmation detail.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Naomi Riana Lumban Gaol.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 104 pages : Illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 146-25-95620243 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920554754
Cover