Penerapan gaya dan perilaku kepemimpinan yang dilakukan oleh perawat dalam layanan kesehatan masih minim dilakukan. Dengan pembiasaan penerapan kepemimpinan selama menjalani proses pendidikan dapat membantu mahasiswa profesi ners untuk membiasakan diri menerapkan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka pasti yang menggambarkan kecenderungan gaya dan perilaku kepemimpinan pada mahasiswa program pendidikan profesi ners di JABODETABEK. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan quota sampling. Kuisioner yang digunakan untuk gaya kepemimpinan kuisioner yang dikembangkan oleh Al Amiri et al., 2019berdasarkan teori kepemimpinan dari Lewin, Lippitt, & White (1939) dan Avolio, Bass, & Jung, (1999) dan untuk perilaku kepemimpinan kuisioner Student Leadership Practices Inventory Self (Kouzes & Posner, 2014). Analisa data menggunakan univariat yang menyatakan bahwa gaya kepemimpinan didominasi demokratis, transaksional, dan transformational serta perilaku kepemimpinan enable others to act dan encourage the heart. Diharapkan pembelajaran terkait kepemimpinan keperawatan kedepannya lebih aplikatif dan mahasiswa profesi ners memiliki concern terhadap pengembangan karakter kepemimpinan yang dimiliki.
The application of leadership styles and behaviors by nurses in health services is still minimal. By habituating the application of leadership during the educational process, it can help nurse profession program students to get used to applying leadership. This study aims to determine the exact number that describes the trend of leadership style and behavior in nurse profession program students in JABODETABEK. The research method used is descriptive quantitative by using quota sampling. The questionnaire used for the leadership style questionnaire developed by Al Amiri et al., 2019 based on the leadership theory of Lewin, Lippitt, & White (1939) and Avolio, Bass, & Jung(1999) and for the leadership behavior questionnaire Student Leadership Practices Inventory Self (Kouzes & Posner, 2014). Data analysis uses univariate which states that the leadership style is dominated by democratic, transactional, and transformational and leadership behavior enables others to act and encourage the heart. Hope that learning related to nursing leadership in the future will be more applicable and nursing profession students have a concern for the development of their leadership character.