UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Strategi Coping Orang Tua Bekerja saat Pembelajaran Jarak Jauh di SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur = Coping Strategies of Working Parents During Distance Learning at SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur

Siti Ninin Suryani; Isbandi Rukminto Adi, supervisor; Dwi Amalia Chandra Sekar, examiner; Dini Widinarsih, examiner; Budhi Dharma, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang strategi coping orang tua bekerja saat pembelajaran jarak jauh di SDN Kebon Pala 01 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara daring semi terstruktur dengan delapan orang informan rentang waktu penelitian dari Oktober 2020 sampai dengan Juli 2021 selama Pandemi COVID-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi orang tua yang mendapatkan tambahan peran sebagai guru saat pembelajaran jarak jauh. Guru memerlukan ilmu dan keterampilan yang sudah ditetapkan standarnya akan tetapi orang tua berasal dari latar belakang berbeda dan tidak semua memiliki ilmu dan keterampilan menjadi guru. Sehingga, implikasinya adalah orang tua mengalami kesulitan saat pembelajaran jarak jauh. Kesulitan ini berujung pada sampai secara psikologis yang mengarah pada dampak perilaku negatif. Dampak negatif ini akan berpengaruh lebih jauh keberfungsian sosial keluarga dan anak serta kesejahteraan anak dan orang tua. SDN Kebon Pala 01 Pagi sebagai sekolah yang memiliki reputasi baik dan sebagian orang tua muridnya bekerja sehingga menjadi lokasi penelitian ini. Penelitian ini mencari tahu bagaimana orang tua bekerja mengatasi kesulitannya saat PJJ untuk mengurangi dampak negatif serta bagaimana hasil dari upaya tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perubahan kondisi orang tua sebelum dan saat awal pandemi memberi tuntutan bagi orang tua sehingga menyebabkan stress sehingga orang tua bekerja melakukan strategi coping dimana ada orang tua yang berhasil dan belum berhasil. Keberhasilan strategi coping menghasilkan adaptasi positif berimplikasi pada emosi positif dan perilaku yang positif juga. Bagi orang tua yang belum berhasil disebabkan oleh permasalahan keuangan dan pemahaman orang tua terkait tugas sekolah yang masih menimbulkan pusing dan emosi sulit terkontrol. Dapat diketahui bahwa strategi coping yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda juga.

This study discusses the coping strategies of working parents during distance learning at SDN Kebon Pala 01 Pagi, East Jakarta. This study uses a qualitative approach with data collection techniques through semi-structured online interviews with eight informants, the research time span is from October 2020 to July 2021 during the COVID-19 pandemic. This research is motivated by the condition of parents who get an additional role as a teacher during distance learning. Teachers need knowledge and skills that have set standards, but parents come from different backgrounds and not all of them have the knowledge and skills to become teachers. So, the implication is that parents have difficulty in distance learning. This difficulty leads to psychologically leading to the impact of negative behavior. This negative impact will further affect the social functioning of families and children as well as the welfare of children and parents. SDN Kebon Pala 01 Pagi as a school that has a good reputation and some of the students' parents work so that it becomes the location of this research. This study seeks to find out how parents work to overcome their difficulties during PJJ to reduce the negative impact and how the results of these efforts. The results of the study concluded that changes in the condition of parents before and at the beginning of the pandemic put demands on parents, causing stress so that parents work on coping strategies where there are parents who are successful and not successful. Successful coping strategies result in positive adaptation which has implications for positive emotions and positive behavior as well. For parents who have not succeeded, it is caused by financial problems and parents' understanding of school assignments which still cause dizziness and emotions that are difficult to control. The result is that parents who are successful can produce positive adaptations and those who have not succeeded are still difficult to control emotions.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Siti Ninin Suryani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 148 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 146-25-27316604 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920557273
Cover