UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Kepemimpinan Perubahan dan Kepemimpinan Otentik terhadap komitmen Afektif untuk Perubahan di Perusahaan Telekomunikasi Indonesia = The Role of Change Leadership and Authentic Leadership on Affective Commitment to Change in Indonesian Telecommunication Companies

Muhamad Irfan Zuhdi; Wustari Larasati Mangundjaya, supervisor; Endang Parahyanti, examiner; Eva Septiana, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Perusahaan telekomunikasi perlu sering malakukan perubahan organisasi demi mengahadapi tuntutan perubahan zaman. Komitmen afektif untuk perubahan pada karyawan diperlukan untuk mencapai keberhasilan perubahan. Penelitian ini melihat peran kepemimpinan perubahan dan kepemimpinan otentik pada komitmen afektif untuk perubahan. Partisipan sebanyak 137 dari berbagai berbagai perusahaan telekomunikasi yang merupakan pekerja tetap, minimal berpendidikan S1, berada pada generasi X dan Y, sudah kerja di perusaaan tersebut minimal dua tahun, dan memiliki peran kepemimpinan di organisasi. Partisiipan mengisi kuesioner secara daring. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur komitmen afektif untuk perubahan (Herscovitch & Meyer, 2002), Kepemimpinan Perubahan (Mangundjaya, 2021), dan Authentic Leadership Self-Assessment Questionnaire (Walumbwa dkk., 2008). Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan perubahan (β = 0.623, p = 000, p<0.01) dan kepemimpinan otentik (β = 0.150, p = 0.023, p<0.05) secara positif dan signifikan dapat memprediksi komitmen afektif untuk perubahan. Penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan keberhasilan perubahan organisasi oleh para praktisi dengan mengembangkan kepemimpinan perubahan dan kepemimpinan otentik untuk meningkatkan komitmen afektif untuk perubahan pada karyawan.

Telecommunication companies need to do frequent organizational changes to deal with worlds demands. Affective commitment to change in employees is needed to achieve successful change. This study identifies the role of change leadership and authentic leadership on affective commitment to change. There were 137 participants from various telecommunication companies that are permanent workers, having a bachelor degree, in X and Y generation, already work for two years, having a leadership role. Participants were asked to fill out online a survey. The measuring tools used are Affective Commitment to Change (Herscovitch & Meyer, 2002), Change Leadership (Mangundjaya, 2019b), and Authentic Leadership Self-Assessment Questionnaire (Walumbwa, et al, 2008). This study shows that change leadership (β = 0.623, p = 000, p<0.01) and authentic leadership (β = 0.150, p = 0.023, p<0.05) have a positive and significant role to predict affective commitment to change. This study could help practitioners to increase the odds of successful change by implementing change leadership and authentic leadership to develop affective commitment to change in employees.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhamad Irfan Zuhdi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 38 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-64583138 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920557895
Cover