UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Determinan Literasi Kesehatan Kerja Perawat Di Masa Pandemi Covid-19 = Determinants of Nurse Occupational Health Literacy During the Covid-19 Pandemic

Tsania Ayu Zaharany; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor; Shanti Farida Rachmi, supervisor; Hanny Handiyani, examiner; Didin Syaefudin, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Tantangan pada masa pandemi Covid-19 menimbulkan perubahan sehingga menimbulkan KAK dan PAK salah satunya yakni terpapar Covid-19. Literasi kesehatan kerja memiliki potensi terhadap pencegahan penyakit akibat kerja dan cedera. Upaya peningkatan literasi kesehatan kerja perawat diupayakan melalui pendekatan faktor eksternal (dukungan organisasi) dan internal (karakteristik perawat, ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis determinan literasi kesehatan kerja perawat di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian analitik dan rancangan cross-sectional. Sampel berjumlah 230 staf pelaksana keperawatan yang bekerja di Rumah Sakit. Hasil penelitian menunjukkan usia,  tingkat pendidikan, dan penempatan kerja menunjukkan hubungan yang signifikan (p<0,05) dengan literasi kesehatan kerja perawat di masa pandemic Covid-19. Sementara faktor model keyakinan kesehatan menunjukkan hubungan yang signifikan (p=0,001) dan  gaya hidup menunjukkan hubungan yang signifikan (p =0,001) dengan literasi kesehatan kerja perawat Covid-19. Hasil multivariat juga didapatkan faktor yang paling dominan meliputi gaya hidup, dukungan organisasi, model keyakinan kesehatan, tingkat pendidikan dan penempatan kerja. Rekomendasi dalam penelitian ini melalui peningkatan gaya hidup sehat, dukungan organisasi, model keyakinan kesehatan dalam memperbaiki literasi kesehatan kerja perawat.

Challenges the pandemic Covid-19 caused changes that led to KAK and PAK, one of which was exposed to Covid-19. Occupational health literacy has the potential to prevent occupational diseases and injuries. Improving nurse occupational health literacy is pursued through external (organizational support) and internal factors (nurse characteristics). The purpose of this study analyzes the determinants of nurse occupational health literacy during the Covid-19 pandemic. This research uses a quantitative approach with an analytical research design and cross-sectional design. The sample consisted of 230 nursing staff working at the hospital. The results showed that age, education level, and work placement showed a significant relationship (p<0.05) with nurse occupational health literacy during the Covid-19 pandemic. While the health belief model factor shows a significant relationship (p=0.001) and lifestyle shows a significant relationship (p =0.001) with the occupational health literacy of Covid-19 nurses. Multivariate results also obtained the most dominant factors including lifestyle, organizational support, health belief model, education level, and work placement. Recommendations in this study are improved healthy lifestyle, organizational support, health belief model in improving nurse occupational health literacy.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Tsania Ayu Zaharany.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 105 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-39548759 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558095
Cover