UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Efikasi Diri Siswa Atlet dengan Performa Non-Akademik dan Akademik di Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan DKI Jakarta = The Relationship of Student-Athletes` Self-Efficacy with Non-Academic and Academic Performance at the Special School of Sports Ragunan DKI Jakarta

Maulidia Salsabila; Lydia Freyani Hawadi, supervisor; Wuri Prasetyawati, examiner; Andi Supandi Suaid Koentary, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Siswa atlet masih sering terkena stigma karena kurangnya kemampuan akademik meskipun bakat mereka terletak pada bidang olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan efikasi diri siswa atlet dengan performa non-akademik dan akademik. Partisipan penelitian ini adalah 43 siswa atlet yang bersekolah di SKO Ragunan DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan alat ukur General Self-Efficacy Scale oleh Novrianto, Marettih dan Wahyudi (2019), Academic Self-Efficacy Subscale: Self-efficacy Questionnaire for Children (SEQ-C) oleh Muris (2001), Sport Success Scale oleh Mousavi dan VaezMousavi (2015), dan nilai raport siswa dari sekolah. Hasil analisis korelasional dalam penelitian ini menemukan bahwa efikasi diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan non-akademik (olahraga) (p = 0.000) namun efikasi diri tidak memiliki hubungan dengan performa akademik (p = 0.134). Diskusi dan limitasi pada penelitian ini dibahas.

Student-athletes are often stigmatized for their lack of academic abilities despite their talent in sports. This study aimed to test the relationship of student-athletes' self-efficacy on non-academic and academic performance. The participants of this study were 43 student-athletes who study at SKO Ragunan DKI Jakarta. This study used the General Self-Efficacy Scale by Novrianto, Marettih and Wahyudi (2019), the Academic Self-Efficacy Subscale: Self-efficacy Questionnaire for Children (SEQ-C) by Muris (2001), the Sport Success Scale by Mousavi and VaezMousavi (2015), and student report cards from schools. The results of a Pearson correlation analysis showed that self-efficacy has a positive and significant relationship with non-academic performance (p = 0.000), but self-efficacy does not have a significant relationship with academic performance (p = 0.134). Discussions and limitations of this study are discussed.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Maulidia Salsabila.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 57 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-18245709 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558233
Cover