Perilaku penyalahgunaan narkotika mengakibatkan kerentanan terhadap ketahanan nasional. Salah satu strategi pencegahan dengan kampanye melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh konten Instagram terhadap perilaku masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika serta menganilisa isi pesan dalam Instagram Badan Narkotika Kabupaten Cilacap. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah stimulus-organism-respons dan perubahan perilaku. Penelitian ini menggunakan mixed-methods. Data diperoleh dari 213 responden, 14 informan dan data sekunder. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara konten informasi/rasional dan konten emosional dalam Instagram Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cilacap terhadap perilaku dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika. Ditemukan faktor lain yang turut mempengaruhi perubahan perilaku tersebut, yaitu ketahanan diri, keluarga dan sosial. Desain pesan menampilkan berbagai message appeal dan message objectives. Namun, proporsi konten kurang sesuai dan keterbatasan skill dalam merancang isi pesan sehingga tidak relevan dengan target audience. Sehingga diperlukan konsep dasar yang jelas, monitoring evaluasi konten secara berkala serta peningkatan kapasitas keterampilan tim humas dalam pembuatan dan pengelolaan konten.
Drug abuse behaviour results in vulnerability to national resilience. One of the prevention strategies is by campaigning through Instagram social media. This study aims to analyze the effect of Instagram content on people's behaviour in preventing drug abuse and to analyze the content of messages in the Instagram of the Narcotics Agency of Cilacap Regency. The theory used in this research is stimulus-organism-response and behaviour change. This study uses mixed methods. Data were obtained from 213 respondents, 14 informants and secondary data. The results showed a significant influence between informational/rational content and emotional content on the Instagram of the National Narcotics Agency of Cilacap Regency on behaviour in preventing drug abuse. Found other factors that also influence the behaviour change, namely self, family and social resilience. Message design displays various message appeals and message objectives. However, the proportion of content is not appropriate, and there are limited skills in designing message content so that it is not relevant to the target audience. So we need a clear basic concept, monitoring content evaluation regularly, and increasing the public relations team’s capacity to create and manage content.